Logistik Pemilu 2024 Tiba Bertahap di KPU Palu

Personil kepolisian dari Polresta Palu terlihat mulai aktif berjaga di Kantor KPU Palu (Foto:Channelsulawesi.id)

PALU,CS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu telah menerima logistic kebutuhan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) tahun 2024, Kamis 19 Oktober 2023. Namun logistic yang datang baru sebatas bilik suara. Logistik saat ini telah disimpan di gudang Kantor KPU Palu yang terletak di belakang kantor. Terpantau sejumlah personil kepolisian dari Polresta Palu, pun sudah mulai berjaga di tempat itu.

Ketua KPU Palu, Idrus menjelaskan, logistic bilik suara mereka terima secara bertahap sejak Senin 16 Agustus hingga Rabu 18 Agustus 2023. Jumlah totalnya sebanyak 4.288 lembar yang nantinya akan disebar kepada sebanyak 1/072 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca Juga :  Wawali Palu Ikuti Dialog Nasional APEKSI Bahas SIPD

“Bila jumlah bilik suara lebih, itu bukan domain KPU Palu. Tapi tetap akan kami simpan karena biasanya untuk menutupi kekurangan logistic pada daerah lain,”jelas Idrus, Kamis 19 Oktober 2023.

Untuk logsitik jenis lain, pihaknya saat ini tengah menunggu pengiriman. Rencananya yang akan menyusul adalah kotak suara. Informasi terkahir pengiriman kotak suara kini sudag berada di Pelabuhan Pantoloan.

“Dari pelabuhan kotak suara itu harus dipacking dulu,”ujarnya.

Sedangkan untuk kertas suara, sejuah ini masih menunggu penetapan Daftar Calon Tetap (DCT). Namun rencananya kertas suara akan dicetak lebih dari jumlah Daftar Pemilih tetap (DPT). Jumlah DPT sebanyak 271.124 jiwa. Artinya kemunginan jumlah yang dicetak nantinya berkisar pada angka 277 ribu lebih.

Baca Juga :  Fix, PKB Usung Hadianto Rasyid – Imelda Liliana di Pilwalkot Palu

“DPT kita 271,124. Tapi yang akan dicetak itukurang lebih 2.777 lebih. Lebihnya itu dihitung dari jumlah DPT ditambah 2 persen berbasis TPS. Bukan berbasis total DPT,”papar Idrus.

Logsitik Pemilu 2024 sambungnya akan di tempatkan pada dua gudang berbeda. Bila bilik suara di tempatkan di gudang KPU Palu, maka logistic laninnya nanti akan disimpan di GOR Siranindi Jalan M Yamin Palu.

“GOR Siranindi sudah dilakukan persiapan-persiapan. Misalnya penyemprotan anti rayap,”sebutnya.

Begitupun nantinya untuk penyortiran dan pelipatan logistic. Bilik suara akan dilipat langsung di gudang KPU Palu. Sedangkan logistic lain di GOR Siranindi.

Baca Juga :  PKS Palu Gelar Vaksinasi ke -3

Selanjutnya KPU Palu nantinya akan merekrut tenaga pengamanan logistic sekaligus tenaga pelipat surat.

“Untuk pengamanan kita akan rekrut orang yang punya kemampuan fisik, integritas. Sistemnya sedang disusun secretariat. Pelipatan bilik pemungutan suara akan jalan duluan. Sementara kertas suara kita pakai pihak ketiga. Tahun 2019 kita rekrut mahasiswa. Kemungkinan tahun ini diarahkan kepada orang yang sama,”pungkasnya.(TIM)

Pos terkait