Pemkot Palu Updating Data Gender dan Anak 2023

PALU,CS – Wali Kota Palu Hadianto Rasyid membuka ekspose hasil updating/pemukhtahiran data gender dan anak tahun, Selasa 14 November 2023 di Ruang Rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu.

Wali Kota Palu menyampaikan data dan informasi memiliki peran sangat krusial dalam berbagai tahap sedangkan tahap pembangunan dimulai dari perencanaan hingga evaluasi program.

Menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri ) Nomor 54 tahun 2010 menekankan pentingnya penggunaan data dan informasi dalam menyusun rencana pembangunan daerah.

Hal ini mencakup aspek geografis kesejahteraan masyarakat pelayanan umum dan daya saing daerah.

Baca Juga :  Palu Raih Piala Adipura 2023, Ini Tiga Lokasi Rencana Penempatan Tugu Adipura. Masyarakat diminta Pilih yang Terbaik

Dalam konteks penyusunan profil data gender dan data anak, maka akan menjadi langkah awal yang strategis untuk merancang kebijakan dan program pembangunan inklusif terutama pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Data terpilah yang akurat dan akuntabel merupakan dasar utama untuk mengidentifikasi permasalahan dalam pembangunan khususnya terkait dengan Isu gender dan anak,” katanya.

Wali kota menjelaskan, dalam perspektif gender penyediaan data terpilah menurut jenis kelamin menjadi landasan menghasilkan statistik gender mencerminkan pengalaman hidup perempuan dan laki-laki.

“Data ini tidak hanya relevan untuk isu gender tetapi juga mencakup isu anak memungkinkan pengusunan kebijakan dan program pembangunan yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat,”pungkasnya (**).

Pos terkait