Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2023 di Tolitoli, Amran Yahya Bacakan Amanat Kapolri

TOLITOLI,CS – Bupati Tolitoli Amran Yahya memimpin langsung apel gelar pasukan operasi lilin Tinombala tahun 2023, Kamis 21 Desember 2023.

Dalam apel ini, Kapolres Tolitoli AKBP Bambang herkamto diwakili Wakapolres, Kompol Alfius. Danlanal diwakili Pjs Palaksa Lanal Tolitoli, Kapten Mar Deddy Setiawan. Sedangkan Dandim 1305 diwakili Letda Inf Seteven Lutang. Serta Kajari Tolitoli, Albertinus Napitupulu.

Peserta apel gelar pasukan ini adalah unsur TNI AL ,AD, SatpolPP serta BPBD.

Dalam amanat Kapolri, Bupati Tolitoli Amran Yahya mengatakan apel gelar pasukan operasi lilin 2023 ini digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga :  Bupati Tolitoli Amran H Yahya Chek Up Kesehatan Lanjut di Jakarta

Menurutnya, berdasarkan penekanan Presiden Joko Widodo bahwa Natal dan Tahun Baru adalah rutinitas yang harus tetap direncanakan dan
dipersiapkan utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok.

Hal tersebut kata Bupati penting karena momentum Nataru telah menjadi  bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.

Berdasarkan survei Kemenhub RI, potensi pergerakan masyarakat pada natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diperkirakan mencapai 107,63 juta orang, meningkat sebesar 143.65persen atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi.

Baca Juga :  Terbakar Cemburu, Oknum Polisi Polda Sulteng Aniaya Pacarnya Hingga Berujung Laporan Provos

Oleh sebab itu, dalam rangka pengamanan nataru, POLRI didukung TNI,  K/L, Pemda, mitra Kamtibmas dan stakeholder terkait menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi operasi lilin 2023.

Operasi ini berlangsung selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Operasi ini melibatkan129.923 personel yang terdiri dari TNI/POLRI/ serta stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan.

Jajaran Polres Tolitoli sendiri sudah menyiapkan skenario dalam operasi lilin Nataru tahun ini yang disepakati beberapa hari lalu melalui rapat kordinasi lintas sektoral lilin ketupat dengan operasi mantap brata.

Baca Juga :  Ditetapkan Jadi Kapolsek Dakopoeman, Ipda Lukman Barbagi Syukur

Hasilnya akan menempatkan 6 Pos yaitu 5 Pos Pengamanan dan 1 Pos pelayanan yang akan di bangun mulai hari ini dan akan di gunakan untuk mengantisipasi kemacetan di beberapa titik di Kota Tolitoli (Armen Djaru).

Pos terkait