Bawaslu Palu Pastikan Pelipatan Surat Suara Berjalan Lancar

PALU,CS – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palu memastikan proses pelipatan surat suara Pemilu berjalan lancar sesuai ketentuan. Untuk hal ini, Ketua Bawaslu Palu Agus Salim Wahid kerap mondar-mandir mengecek langsung pelipatan di GOR Siranindi, Jalan M Yamin Palu.

Kepada wartawan, Agus menyebut secara umum pelipatan berjalan lancar. Hingga Senin 8 Januari 2024, proses pelipatan yang sedang dilakukan sudah sampai pada surat suara calon DPRD Kota Palu.

Meski begitu terdapat sejumlah hal dalam proses pelipatan surat suara ini yang harus mendapat pengawasan secara ketat untuk menghindari pelanggaran yang beroptensi bergulir ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Baca Juga :  Hari Lingkungan Hidup se-Dunia 2023, DLH Palu Buat Bio Pori dan Tanam Pohon di TPA Kawatuna

Misalnya saja jelas dia soal adanya kesalahan penempatan surat suara yang telah dilipat hingga bertukar Daerah Pemilihan (Dapil). Karena terkadang relawan yang melipat salah menempatkan surat suara tersebut.

“Penempatan surat suar harus sesuai Dapil, jika bertukar, ini bisa berpotensi ke DKPP. Tapi kesalahan itu sudah dilakukan perbaikan,”jelas Agus Salim Wahid, Senin 8 Januari 2024 di GOR Siranindi.

Dalam catatan Bawaslu, beberapa hal yang terjadi dalam proses pelipatan suara yang terjadi antara lain, adanya surat suara yang rusak, kotak suara yang digigit tikus dan surat suara yang terdapat percikan sisa tinta percetakan. Terhadap surat suara yang rusak, pihak KPU Palu menurutnya telah melakukan penggantian sesuai ketentuan yang berlaku.

Baca Juga :  Kemenag Kota Palu Gencarkan Gerakan 5M

Hal lain yang menjadi pengawasan Bawaslu adalah memastikan logistic yang akan ditempatkan dalam kotak suara terisi sesuai dengan ketentuannya sebelum didistribusikan ke TPS-TPS.

Sebelumnya menurut Agus, pihaknya telah memberikan rekomendasi kepada KPU Palu sejak awal logistic ditampung di GOR Siranindi. Seperti kepastian tempat itu bebas dari atap yang bocor, penyemprotan anti rayap dan keamanan logistic selama dalam gedung.(TIM)

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait