Tinggal 4 Puskesmas di Donggala Yang Tidak Miliki Alat USG

Kepala Dinkes Donggala dr Syahriar dalam pertemuan orientasi integrasi pelayanan kesehatan primer bagi tenaga kesehatan Puskesmas tahun 2024 yang diselenggarakan Dinkes Sulteng, Selasa 19 Maret 2024 di Hotel Jaz Palu.(Foto:Channelsulawesi.id)

DONGGALA,CS – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Donggala dr Syahriar menggarisbawahi pentingnya pemeriksaan berkala bagi ibu hamil di wilayah Kabupaten Donggala Dalam satu siklus kehamilan, disarankan agar ibu hamil menjalani pemeriksaan minimal enam kali. Hal ini diungkapkan dr. Syahriar saat menjadi narasumber dalam kegiatan Dinkes Provinsi Sulteng,, Rabu 19 Maret 2024.

Menurutnya, pemeriksaan sejak awal kehamilan, terutama pada bulan pertama, sangat krusial untuk mengetahui kondisi kesehatan janin. Pemeriksaan USG menjadi salah satu metode yang digunakan untuk mendeteksi kemungkinan masalah seperti HSG, Black Ovum, atau kehamilan kosong yang bisa terjadi karena perubahan hormon yang mengganggu siklus haid.

Baca Juga :  Kasus TB di Donggala, Penderita Tidak Menunjukkan Gejala

Dia mengingatkan pentingnya pemeriksaan USG pada pemeriksaan kelima, sebelum masuk ke pemeriksaan keenam. Hal itu bertujuan untuk memastikan posisi janin normal dan mencegah komplikasi seperti letak bokong atau letak lintang yang dapat mengganggu proses persalinan.

Dalam upayanya meningkatkan kualitas layanan kesehatan, Syahriar menyebutkan bahwa distribusi alat kesehatan di Donggala sudah mencapai 80 persen, termasuk ketersediaan USG yang sesuai dengan standar.

Meskipun demikian, masih ada empat Puskesmas yang belum dilengkapi dengan alat USG, namun langkah-langkah telah diambil untuk memastikan agar semua Puskesmas di Donggala nantinya memiliki fasilitas kesehatan yang memadai. (**)

Baca Juga :  Reses di Ketong, Alex Terima Keluhan Jalan Rusak

 

 

Pos terkait