Jelang Lebaran, Pemkot Palu Siagakan Truc Tangki Air Untuk Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga Huntap Petobo

Tampak mobil tangki air milik DInas PU Palu saat mendatangai rumah warga di Huntap Petobo untuk mengisi tandon penampungan air (Foto:ISTIMEWA)

PALU,CS  – Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu menyiagakan unit mobil tangki air untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga di komplek Hunian tetap (Huntap) Kelurahan Petobo Kecamatan Palu Selatan.

Sejauh ini puluhan warga kini telah menempati Huntap tersebut pasca penyerahan secara simbolis kunci Huntap kepada penyintas dari Balai Pelaskana Penyediaan Perumahan (BP3) Sulawesi II, Rabu 20 Maret 2024 silam.

Pasca penyerahan kunci Huntap tersebut, sejumlah warga yang telah menempati Huntap diketahui masih mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Terlebih saat ini, warga yang sedang hendak merayakan hari raya idul fitri 1445 Hijriyah.

Baca Juga :  DPMPTSP Palu Imbau Pelaku Usaha Migrasikan Data ke OSS RBA

Kepala Dinas PU Palu, Singgih B Prasetyo mengatakan, pihaknya mengerahkan satu unit mobil tangki air bersih untuk melayani warga yang mebutuhkan air. Bantuan  tersebut diberikan berdasarkan atensi warga yang belum dapat menikmati fasilitas air bersih secara penuh waktu. Selain dari Dinas PU, sejumlah truck tangki air juga disiagakan Dinas Damkarmat Palu untuk mengantisipasi kebutuhan warga pada menjelang lebaran dan pada saat lebaran.

Untuk kepentingan itu, kata Singgih, pihaknya juga menyiagakan beberapa personil non muslim untuk melakukan pengisian tandon air agar warga yang meminta bantuan bisa segera dilayani.

Baca Juga :  Jelang Liga Santri Nasional, Wali Kota Palu Ikut Rapat Bersama KASAD

“Kami berempati kepada warga karena memang sudah ada sebagian yang menempati Huntap-nya untuk tinggal dan merayakan lebaran,”kata Singgih.

Singgih menjelaskan, kelengkapan fasilitas air bersih di Huntap Kelurhan Petobo sebenarnya masih menjadi satu –kesatuan terhadap pengerjaan bangunan unit Huntap yang dikerjakan BP3 Sulawesi II. Sedangkan sarana-prasarananya termasuk fasilitas air dilakukan Balai Prasarana dan Pemukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi.(TIM)

Pos terkait