FKUB Ajak Semua Umat Beragama Wujudkan Sulteng Provinsi Kerukunan Tertinggi

Sekretaris FKUB Provinsi Sulteng, Dr.H. Munif Aziz Godal. (FOTO : channelsulawesi.id)

PALU, CS – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah mengajak multi pihak di daerah itu untuk bersama – sama mewujudkan Sulteng sebagai provinsi dengan indeks kerukunan tertinggi.

Sekretaris FKUB Provinsi Sulteng, Dr.H. Munif Aziz Godal, di Kota Palu, Senin, mengemukakan bahwa FKUB Sulteng bercita – cita Sulteng masuk salam tiga besar indeks kerukunan umat beragama tertinggi.

Bacaan Lainnya

“Dan cita – cita ini terus diupayakan oleh FKUB Sulteng, agar provinsi ini bisa masuk dalam tiga besar indeks kerukunan umat beragama,” ucap Munif Aziz Godal, di sela – sela perayaan Halal Bi Halal yang dilaksanakan oleh FKUB Provinsi Sulteng melibatkan Pemprov Sulteng dan tokoh lintas agama, Senin 29 April 2024.

FKUB Sulawesi Tengah melaksanakan halal bi halal dengan tema “merawat kerukunan umat untuk Sulteng yang damai dan harmonis,”. Halal bi halal ini melibatkan Pemprov Sulteng, Forkompimda Sulteng, tokoh dan pemuda lintas agama dari agama Katolik, Buddha, Islam, Protestan, dan Hindu.

Munif Godal mengatakan bahwa FKUB Sulteng sebagai organisasi tempat berkecimpun tokoh – tokoh lintas agama, bertekad kuat meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama, yang didahului dengan penguatan toleransi antar umat beragama.

Tekad ini, sebut dia, sebagai upaya untuk mewujudkan target, Sulteng masuk sebagai provinsi tiga besar dengan indeks kerukunan umat beragama tertinggi di Indonesia.

“Kita ingin daerah kita ini, menjadi tujuan orang untuk belajar tentang toleransi dan kerukunan umat beragama,” ungkapnya.

FKUB Sulteng dalam upaya tersebut, telah melaksanakan berbagai program, di antaranya muhibbah kerukunan. Muhibbah kerukunan yaitu tokoh lintas agama dari semua agama yang tergabung dalam FKUB, bersilaturahim dan berdialog dengan pimpinan dan umat organisasi keagamaan.

Di samping itu, FKUB Sulteng juga terus menggencarkan penguatan pemahaman moderasi beragama di tingkat pelajar dan masyarakat luas di 12 kabupaten dan satu kota se-Sulteng.

“Upaya akan semakin optimal, bila ada kerja sama dan dukungan dari multi pihak, untuk bersama – sama mewujudkan Sulteng rukun, damai dan toleran, demi mencapai Sulteng sebagai provinsi dengan indeks kerukunan umat beragama tertinggi,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Sulteng Rusdy Mastura yang diwakili oleh Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Pemprov Sulteng mendukung penuh tekad dan cita – cita FKUB Sulteng, menjadikan Sulteng sebagai provinsi dengan indeks kerukunan umat beragama tertinggi.

“Tentunya diharapkan akan terus menciptakan dan menumbuhkan kebersamaan, persaudaraan, dan kekeluargaan, dalam hubungan sosial keagamaan, berbangsa dan bernegara khususnya di wilayah Sulteng,” ujarnya.

“Untuk itu marilah kita tinggalkan sekat – sekat perbedaan, dengan meninggalkan segala kesempitan cara berfikir dalam memandang perbedaan yang ada,” sebutnya.

Ia menambahkan, untuk mencapai tekad tersebut, maka semua pihak harus melakukan refleksi, bersatu, untuk bersilaturahim, membangun komitmen bersama, demi meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama di Sulteng. **

Pos terkait