Luapan Sungai Lembeh Tolitoli Sempat Picu Kepanikan Pasien di RS Mokopido

TOLITOLI,CS – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tolitoli, pada Selasa 28 Mei 2024 menyebabkan meluapnya air dari Sungai Lembeh. Sungai ini berada di sekitar 300 meter ke arah Barat atau di kompleks Rumah Sakit (RS) Mokoppodo.

Terpantau, air luapan kian meninggi hingga menenggelamkan jalan raya di depan RSU Mokopido sampai sebatas paha orang dewasa.

Pasien yang dirawat di Pavilium RSU sempat terlihat panik atas kondisi namun tepat pukul 15.45 wita hujan mulai redah hanya beberapa kendaraan di parkiran RSU yang tenggelam namun tidak sampai pada bagian mesin motor

Baca Juga :  Bupati Tolitoli Anggarkan Rp2 Miliar Perbaikan Pipanisasi Distribusi Milik PDAM Ogomalane

Para pegawai RSU Mokopido sigap menenangkan pasien agar tidak khawatir karena banjir tidak akan sampai masuk ke dalam. Suster Vivi, seorang perawat mengatakan semua pasien dalam keadaan tenang menjalani pengobatan dan perawatan medis saat ini.

Banjir kali ini tidak sama dengan tahun 2017 kala itu luapan sungai “kabelang” dan sungai “lembeh” bersamaan dengan air laut pasang dan curah hujan dengan durasi lama dan ekstrem yang mengakibatkan 2 warga meninggal dunia.

Pihak polres Tolitoli serta pemda diminta melakukan penyiraman air dengan mobil pemadaman kebakaran serta mobil water canon karena dipastikan terjadi debu yang melanda rumah warga termasuk jalan raya komplex RSU Mokopido

Baca Juga :  Kembali Beraktifitas, Bupati Tolitoli Lantik 4 Penjabat Kepala Desa

Rina, istri dari seorang pasien meminta agar pemerintah daerah lakukan penyiraman

“Kami besok repot kena abu dari jalan depan rumah sakit pak ,tolong kalau boleh di siram,”ujar Rina (Armen Djaru).

Pos terkait