Gubernur Setujui 1 Raperda Usulan Pemprov dan 3 Prakarsa DPRD Sulteng

SULTENG,CS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tengah (Sulteng) melanjutkan rapat paripurna dengan agenda pembahasan tentang tanggapan atau jawaban Gubernur atas pandangan umum fraksi DPRD atas 1 Raperda usulan Pemprov dan 3 Raperda prakarsa DPRD serta Jawaban Fraksi atas tanggapan Gubernur atas 3 Raperda usul prakarsa DPRD, Selasa 11 Juni 2024 di ruang sidang utama DPRD Sulteng.

Paripurna dipimpin Wakil Ketua (Waket) 1 DPRD Sulteng H Mohammad Arus Abdul Karim dan didampingi Waket 2 Hj. Zalzulmidah A. Djanggola, dan Waket 3  Muharram Nurdin dan dihadiri Anggota DPRD. Rapat dihadiri langsung Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura bersama Jajaran OPD lainnya.

Baca Juga :  Humas PKS Sulteng Hadiri PR Summit di Jakarta

Adapun Raperda yang dibahas untuk ditetapkan sebagai Perda yakni pertama Perda tentang Penyelenggaraan Perhubungan yang menjadi Usul Pemerintah, kedua Perda mengenai Penyelenggaraan pemberdayaan masyarakat dan desa, ketiga Raperda Tentang Pengelolaan Sumber Daya Air, Keempat Penyelenggaraan Kepemudaan dan Keolahragaan

Pada kesempatan itu Gubernur dalam sambutannya berpendapat bahwa 3 buah Raperda yang menjadi usul DPRD dapat dibentuk menjadi Perda dan disetujui untuk dibahas pada tahapan pembahasan berikutny.

“Namun secara khusus saya menyoroti hal penting dan mendasar saja yakni terkait kewenangan,” ungkapnya

Ia melanjutkan bahwa Pemprov Sulteng dalam membentuk peraturan daerah sesuai dengan ketentuan pasal 236 UU  Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah serta beberapa hal terkait muatan Dalam Perda yang memerlukan pengkajian lebih mendalam pada tahap Pansus.

Baca Juga :  Gubernur Teken PKS Percepatan Pengembangan Potensi Daerah dan Peningkatan Pelayanan Publik

Menanggapai pandangan umum fraksi, atas Raperda penyelenggaraan perhubungan yang menjadi Usul Pemerintah, Gubernur mengapresiasi semuanya. Baik saran, masukan dan pertanyaan dalam memperkaya isi dari Raperda ini

“Kami dari pihak pemerintah provinsi tentunya akan mempertimbangkan saran dan masukkan dari Fraksi yang ada,”demikian Gubernur (**)

Pos terkait