PT Vale Indonesia Tbk Gelar Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 di Loeha Raya

Suasana peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, di Desa Loeha, Luwu Timur. (FOTO : dok Humas PT Vale)

LUTIM, CS – PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) secara meriah menggelar rangkaian kegiatan dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, di Desa Loeha, Luwu Timur (Lutim).

Acara bertajuk “Sayangi Bumi untuk Masa Depan” berlangsung selama dua hari, tepatnya pada tanggal 10 hingga 11 Juni 2024, dan melibatkan berbagai pihak termasuk unsur TNI, Kepolisian, serta Pemerintah Desa dan Kecamatan Towuti.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini diawali dengan pelatihan daur ulang sampah plastik, aksi bersih sungai, serta penanaman dan distribusi 1000 bibit pohon durian musang king di lima desa sekitar, yakni Desa Loeha, Rante Angin, Masiku, Tokalimbo, dan Bantilang.

Andy Yustian Bessie, Head of Exploration, Geoscience, and FEL Study PT Vale Indonesia Tbk, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam menjaga lingkungan dan mendukung masyarakat setempat.

Ia menyoroti pentingnya edukasi tentang pengelolaan sampah plastik melalui pembuatan ecobrick, yang melibatkan sekitar 100 ibu PKK di Loeha Raya.

“Ini tidak hanya menjadi ajang untuk memperingati pentingnya menjaga lingkungan hidup, tetapi juga sebagai langkah konkret dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah plastik,” ungkapnya.

Founder Komunitas Selaras, Novika Firdaus, turut merasa bangga dapat terlibat dalam kegiatan ini, yang merupakan kali ketiga mereka turut serta dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup oleh PT Vale. Kolaborasi antar berbagai pihak, termasuk masyarakat lokal, dinilai krusial dalam upaya pelestarian lingkungan.

“Kami dari Komunitas Selaras senang bisa kembali dilibatkan dalam langkah-langkah kecil untuk menjaga bumi. Ini kali ketiga kami dilibatkan dalam kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia oleh PT Vale,” kata wanita yang akrab disapa Noni itu.

Selain pelatihan daur ulang, PT Vale juga mengorganisir aksi bersih sungai yang melibatkan warga termasuk siswa SD, serta donasi 1000 bibit pohon durian musang king. Bessie menjelaskan bahwa pilihan jenis durian musang king ini tidak hanya karena rasa buahnya yang enak, tetapi juga untuk mendukung potensi ekonomi lokal di masa mendatang.

Kepala Desa Loeha, Hamka Tandioga, mengucapkan terima kasih kepada PT Vale atas inisiatif yang membawa dampak nyata bagi lingkungan dan masyarakat. Dia berharap semangat untuk menjaga lingkungan tetap terjaga dan berkelanjutan di masa yang akan datang.

“Ini merupakan langkah konkret yang memberikan dampak nyata bagi lingkungan dan masyarakat Loeha Raya. Manajemen sudah bersedia datang menjangkau desa kami yang jauh dari kota untuk menggelar kegiatan lingkungan ini,” ungkap Hamka.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ditutup dengan distribusi bibit pohon kepada sekolah, puskesmas, dan warga di lima desa Loeha Raya. Langkah-langkah konkret seperti ini diharapkan dapat mendorong kesadaran dan partisipasi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Dengan demikian, PT Vale Indonesia Tbk terus menunjukkan komitmennya dalam menjalankan pertambangan secara berkelanjutan dan menjaga harmoni dengan lingkungan sekitar. **

Pos terkait