Wali Kota Palu Soroti Pajak Daerah Baru Terealisasi 37 Persen

PALU,CS – Wali Kota Palu Hadianto Rasyid memimpin langsung rapat koordinasi bersama koordinator tim retribusi dan pajak daerah, Rabu 3 Juli 2024 di ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu.

Rapat koordinasi kali ini menghadirkan sejumlah pimpinan OPD terkait maupun para asisten di lingkungan Setda Kota Palu.

Dalam arahannya, Wali Kota Palu Hadianto menyebut, tim retribusi dan pajak daerah tersebut dibentuk dalam upaya mendorong penerapan pajak daerah, agar dapat optimal.

“Tim ini sekaligus juga menjadi Satgas terkait dengan upaya kita bersama sebagai Pemerintah Kota Palu, dalam mendorong penerapan pajak daerah agar dapat optimal,” kata wali kota.

Dalam pertemuan tersebut, wali kota menyoroti kondisi pajak daerah yang baru tercapai sekitar 37 persen sampai dengan hari ini.

Wali kota menekankan agar kerja-kerja yang dilaksanakan dalam mendorong penerapan pajak, harus menunjukkan performa yang lebih baik.

“Saya menuntut komiu-komiu mengejar ini, bukan untuk saya. Tapi untuk komiu. Saya jadi wali kota terakhir itu tahun ini dan komiu masih panjang. Harus kasih bagus komiu punya performa dan kinerjanya harus bagus,” kata wali kota.

Dalam kesempatan tersebut, wali kota mengungkapkan kekesalannya, lantaran ada sejumlah pegawai di salah satu OPD, justru hanya duduk-duduk santai sambil minum kopi di waktu kerja.

“Kalau nyantai kerja, oke tidak apa. Ini justru ada pendapatan daerah yang turun. Bagaimana mau tercapai kalau hanya santai? Coba buat perencanaan, buat FGD kecil,” tekan wali kota.

“Kalau pegawainya komiu santai, berarti komiu santai juga,” sambung wali kota.

Oleh karena itu, secara khusus wali kota meminta agar Tim Retribusi dan Pajak Daerah kembali turun ke lapangan guna menindaklanjuti potensi penerimaan daerah.

Di samping itu, wali kota menegaskan agar aksi-aksi yang dilakukan oleh tim tersebut harus lebih nyata.

“Untuk itu, asisten III saya berikan tanggungjawab atas tim ini,” tambah wali kota (**)

Pos terkait