Program Tangguh Bersinar Sukses Turunkan Stunting di Sigi, Gubernur Beri Apresiasi

Gunernur Sulawesi Tengah, , H. Rusdy Mastura. (Foto : Istimewa)

SIGI, CS – Pernikahan di usia dini menjadi salah satu penyebab utama terjadinya masalah stunting di Sulawesi Tengah, karena para orang tua muda seringkali belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai kehamilan dan pola asuh anak yang baik dan benar.

Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura, saat menyerahkan bantuan intervensi secara serentak kepada 118 desa, di Kabupaten Sigi melalui Program Terpadu Percepatan Penurunan Stunting dan Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Perangkat Daerah (Tangguh Bersinar) Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu 10 Juli 2024.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Launching Tetra Pandu di Donggala, Gubernur Janji Perbaiki 7 KM Jalan Desa Walandano

Program Tangguh Bersinar merujuk pada Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Tengah Nomor: 400.9.14/24/Bappeda-G.ST/2024 tanggal 23 Januari 2024 tentang Lokasi Sasaran dan Orang Tua Asuh Program Terpadu Percepatan Penurunan Stunting dan Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Perangkat Daerah (Tangguh Bersinar) Tahun 2024, dengan Kabupaten Sigi dipilih sebagai pilot project.

Gubernur Rusdy Mastura, menyampaikan bahwa penanganan masalah stunting di Kabupaten Sigi telah menunjukkan hasil yang signifikan, dengan progress penurunan mencapai 10,4%, dari 36% menjadi 26%. Ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh mitra kerja yang berpartisipasi aktif dalam mendukung pelaksanaan program Tangguh Bersinar.

Baca Juga :  Didampingi PT.Vale, Alkhairaat Sukses Laksanakan Program Pangan Pertanian Organik di Sigi

“Saya berterima kasih kepada semua mitra kerja yang telah mendukung program ini dan berperan sebagai orang tua asuh. Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja sama dan dedikasi semua pihak,” kata Rusdy Mastura.

Sementara itu, Wakil Bupati Sigi, Samuel Yansen Pongi, berjanji akan memberikan penghargaan kepada camat dan kepala desa yang berhasil menekan angka stunting di wilayahnya masing-masing.

Kepala Bappeda, Dr. Ir. Sandra Tobondo, melaporkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan konvergensi bersama seluruh mitra yang telah berpartisipasi dalam rangka menurunkan angka stunting di Kabupaten Sigi.

Baca Juga :  Banjir Bandang Toribulu, Gubernur Sulteng : Bantuan Secepatnya

Acara tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimda, para kepala perangkat daerah lingkup Pemprov Sulteng dan Kabupaten Sigi, serta pimpinan instansi vertikal dan BUMN. *

Pos terkait