Kunjungan di Banggai, Gubernur Sulteng Bahas Pembangunan Infrastruktur dan DOB

Rombongan Gubernur Sulteng tiba di Bandara Syukuran Aminudin Amir, Kamis 11 Juli 2024. (Foto : dok Humas Pemprov)

BANGGAI, CS – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H.Rusdy Mastura tiba di Bandar Udara Syukuran Aminudin Amir, Kabupaten Banggai, pukul 15.20 Wita menggunakan penerbangan komersial, Kamis 11 Juli 2024.

Kedatangannya disambut hangat oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai, Moh. Ramli Tongko, serta unsur Forkopimda Banggai dan beberapa kepala dinas terkait seperti Kadis Pendidikan Sulteng, Yudiawati V. Windarrusliana, SKM, M.Kes, dan Kadis Kesehatan Provinsi Sulteng, dr. Komang Adi Sujendra, Sp.PD.

Bacaan Lainnya

Gubernur didampingi oleh Danrem 132/Tadulako, Brigjen TNI Dody Triwinarto, S.IP, M.Han, serta beberapa pejabat tinggi seperti Kepala Bapenda Provinsi Sulteng, Drs. Rifki Anata Mustaqim, M.Si, dan Sekretaris DPRD Provinsi Sulteng, Siti Rachmi Amir Singgi, S.Sos, M.Si. Kunjungan ini merupakan bagian dari agenda pemerintahan yang meliputi rapat koordinasi dengan kepala perangkat daerah, camat, dan lurah/desa di Kabupaten Banggai.

Sebelum menginap di salah satu hotel di Kota Luwuk, Gubernur H.Rusdy Mastura berdiskusi dengan Pj Sekda Moh. Ramli Tongko mengenai perkembangan pemerintahan, pembangunan, serta agenda besar Pemerintah Provinsi Sulteng untuk mendukung Infrastruktur Konektivitas Nasional (IKN) di Kalimantan, dan mendukung kebutuhan industri di Sulteng, seperti digitalisasi desa, petani milenial, dan pengembangan peternakan.

Selanjutnya, Gubernur menyerahkan dokumen hasil studi kelayakan tentang Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Banggai kepada Pj Sekda Kabupaten Banggai.

Studi tersebut diharapkan dapat membuka pintu untuk meninjau kembali kebijakan moratorium. Gubernur juga mengusulkan Kabupaten Banggai dibagi menjadi tiga daerah otonom baru, yaitu DOB Tompotika, DOB Saluan, dan DOB Batui Toili. *

YAMIN

Pos terkait