Safari Politik di Balut, Ahmad Ali Sampaikan Dorong Peningkatan Ekonomi melalui Pertanian dan Perikanan

Bakal calon Gubernur Sulawesi Tengah, Ahmad Ali, menyampaikan orasi politik dalam acara jalan santai bersama ribuan masyarakat di Kabupaten Balut, Minggu 14 Juli 2024 pagi. (Foto : Istimewa)

BALUT, CS  – Bakal calon gubernur Sulawesi Tengah, Ahmad Ali, mengadakan acara jalan santai bersama ribuan masyarakat di Kabupaten Banggai Laut (Balut), Minggu 14 Juli 2024 pagi.

Kegiatan ini dimulai dari Taman Kota Banggai, melalui sejumlah jalan protokol, dan kembali berakhir di taman kota. Setelah jalan santai, masyarakat melanjutkan aktivitas dengan mengikuti zumba bersama.

Bacaan Lainnya

Saat melepas peserta jalan santai yang bertajuk “Silaturahmi Akbar Beramal (Bersama Ahmad Ali dan Abdul Karim Aljufri)”, Wakil Ketua Umum Partai Nasdem itu mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga.

“Termasuk dengan jalan santai untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, karena di dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat,” katanya.

Ahmad Ali juga menyampaikan berbagai gagasan untuk kesejahteraan masyarakat Sulawesi Tengah, khususnya Banggai Laut.

“Ke depan, masyarakat Banggai Laut harus hidup lebih baik daripada hari ini. Daerah ini kaya, tapi sayangnya banyak masyarakat kita masih hidup miskin,” jelasnya.

Menurutnya, kesejahteraan masyarakat bisa lebih baik jika daerah ini dikelola dengan baik, terutama dengan sinergi antara pemerintah provinsi dan kabupaten. Ia berharap pemerintah daerah bisa mendorong masyarakat untuk meningkatkan perekonomian dengan memanfaatkan potensi di sektor-sektor padat karya, pertanian, dan perikanan, serta tidak bergantung pada pertambangan yang dampaknya tidak signifikan bagi kesejahteraan masyarakat.

“Masyarakat bisa sejahtera dengan mengelola potensi yang ada, seperti perikanan, dan banyak potensi lainnya, bukan hanya bergantung pada tambang. Daerah ini butuh pemimpin yang tidak lagi berpikir untuk memperkaya diri sendiri, tapi memikirkan kesejahteraan rakyat,” ujar Ahmad Ali.

Salah satu cara untuk mensejahterakan masyarakat nelayan, menurut Ahmad Ali, adalah dengan memastikan jaminan sosial para nelayan dibiayai oleh pemerintah daerah, baik kabupaten maupun provinsi.

“Setiap keluarga nelayan yang pergi melaut ke depan harus memiliki jaminan risiko, sehingga para nelayan harus di-cover asuransi,” tambahnya.

Ahmad Ali tiba di Banggai Laut menggunakan kapal motor pada Sabtu malam dan disambut antusias oleh masyarakat di pelabuhan. Ia juga dijamu oleh Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa, pada acara Silaturahmi Akbar bertajuk “Temali (Temu Mat Ali)” di rumah jabatan bupati.

Kehadiran Ahmad Ali di Kabupaten Banggai Laut merupakan bagian dari rangkaian safari politiknya sebagai bakal calon gubernur Sulawesi Tengah, yang akan berpasangan dengan Abdul Karim Aljufri. *

YAMIN

Pos terkait