Diskominfosantik Palu Dorong Siswa – Siswa Madrasah Cerdas Bermedia Sosial

PALU,CS – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kota Palu menjadi salah satu narasumber pada kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) di MTs. Alkhairaat Pusat Palu Tahun Pelajaran 2024/2025, Rabu 17 Juli 2024 di Aula MTs Alkhairaat Pusat Palu.

Kepala Diskominfosantik Kota Palu melalui Pranata Humas Ahli Muda, Andi Chandra dalam kesempatan ini membawakan materi tentang literasi digital bertajuk “Cerdas Bermedia Sosial di Era Keterbukaan Informasi Publik”.

Andi menjelaskan literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital seperti, alat komunikasi dan jaringan internet. Selain itu katanya, berdasarkan data, rata-rata durasi penggunaan media sosial tiap tahunnya meningkat,

Baca Juga :  Alumni UIN Dataokarama Palu Diminta Jadi Perekat Persatuan Masyarakat

“Media sosial dapat dengan mudah merubah cara kita bersikap dan berpikir dan selain itu juga mempengaruhi prilaku individu dan mempengaruhi bagi kesehatan manusia,”jelasnya.

Ia menyebut digitalisasi juga merujuk pada proses mengubah informasi dari bentuk analog menjadi format digital. Selain itu, digitalisasi memberikan akses lebih luas terhadap pengetahuan dan sumber daya melalui internet.

“Tantangan literasi digitalisasi, saat ini adalah karena banyaknya arus informasi dan konten-konten negatif di media sosial, oleh karenanya kita perlu membuat “tameng” melalui kecakapan Literasi digital,”sebutnya.

Menurutnya, dalam kampanye literasi digital terdapat 4 pilar, yakni ketrampilan digital, budaya digital, etika digital dan keamanan digital.

Baca Juga :  Maju Karena Kecewa, Ahmad Ali Tegaskan Komitmen Hapus Kemiskinan di Sulteng

Ia juga menuturkan sebagaimana diketahui  bahwa berita “HOAX” atau bukan, dalam kegiatan masa ta’aruf siswa madrasah ini juga diperkenalkan tentang misinformasi dan disinformasi dalam bentuk simulasi permainan.

Diskominfosantik Kota Palu kata Andi berharap bahwa dengan kecakapan literasi digital para siswa- siswa dapat bermedia sosial dengan cerdas dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang setiap saat bisa berubah kapan saja. (Diskominfosantikpalu)

 

 

 

 

Pos terkait