Kepala DKP Sulteng Paparkan Strategi Unggulan untuk SAKIP Award 2024

Suasana rapat pemaparan strategi unggulan dalam penilaian untuk SAKIP Award 2024, di ruang kerja Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Novalina, Senin 22 Juli 2024. (Foto : dok Humas Pemprov)

PALU, CS – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Moh. Arif Latjuba, memaparkan strategi unggulan dalam penilaian untuk  Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award 2024.

Kegiatan ini berlangsung di ruang kerja Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Novalina, dengan melibatkan berbagai pihak terkait, Senin 22 Juli 2024.

Bacaan Lainnya

Rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Novalina, dihadiri oleh tim penilai, tim asistensi Pemprov Sulteng, unsur Bappeda Provinsi Sulteng, unsur inspektorat, kepala bidang DKP, serta perwakilan UPT DKP.

Dalam rapat ini, Arif Latjuba menjelaskan berbagai langkah strategis yang telah diambil oleh DKP untuk meningkatkan kinerja dan akuntabilitas, sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam SAKIP.

Arif Latjuba menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antara berbagai unsur pemerintahan untuk mencapai hasil yang maksimal dalam penilaian SAKIP.

“Kerja sama yang solid antara DKP dan Pemprov Sulteng adalah kunci untuk mencapai penghargaan ini. Kami telah menyusun rencana aksi yang komprehensif dan berfokus pada peningkatan efisiensi serta efektivitas dalam pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan,” ujarnya.

Sekprov Novalina dalam sambutannya menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam setiap langkah yang diambil oleh DKP.

“Penilaian SAKIP ini bukan hanya sekadar penghargaan, tetapi juga bentuk tanggung jawab kita terhadap masyarakat. Oleh karena itu, setiap rencana dan tindakan harus didasarkan pada prinsip-prinsip good governance,” tegasnya.

Rapat ini juga menjadi ajang diskusi untuk mendapatkan masukan konstruktif dari berbagai pihak yang hadir, guna memperkuat strategi yang telah disusun. Tim penilai dan asistensi memberikan feedback yang berharga untuk memastikan semua indikator penilaian dapat dipenuhi dengan baik.

Dalam pemaparannya, Arif Latjuba menyebutkan beberapa program unggulan yang telah dan akan dijalankan oleh DKP Sulteng, termasuk pengelolaan sumber daya kelautan yang berkelanjutan, peningkatan kapasitas nelayan melalui pelatihan dan bantuan teknologi, serta upaya konservasi ekosistem laut. Semua program ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja DKP Sulteng dalam aspek akuntabilitas dan transparansi.

Dengan adanya sinergi yang baik antara DKP dan seluruh unsur terkait, diharapkan Provinsi Sulawesi Tengah dapat meraih hasil yang membanggakan dalam SAKIP Award 2024.

“Kami optimis bahwa dengan kerja keras dan kolaborasi yang baik, Sulteng akan mampu menunjukkan kinerja yang luar biasa dan meraih penghargaan ini,” tutup Arif Latjuba.

Turut hadir dalam acara ini, kepala dinas terkait, serta perwakilan dari berbagai instansi pemerintah yang turut memberikan dukungan dan masukan untuk peningkatan kinerja DKP Sulteng. *

YAMIN

Pos terkait