KPU Sulteng Gelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih untuk Mahasiswa dan Pemuda

Suasana Sosialisasi Pendidikan Pemilih oleh KPU Sulteng, di salah satu hotel di Kota Palu, Senin 29 Juli 2024. (Foto : Istimewa)

PALU, CS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih dengan tema “Peran Pemilih pada Segmen Pemuda dalam Peningkatan Partisipasi Masyarakat pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak Nasional Tahun 2024”.

Acara ini berlangsung di salah satu hotel di Kota Palu, Senin 29 Juli 2024, dan dihadiri oleh puluhan organisasi mahasiswa dan kepemudaan.

Bacaan Lainnya

Komisioner KPU Sulteng, Nisbah, menegaskan pentingnya peran aktif mahasiswa dan pemuda dalam setiap tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

“Peran serta pemuda dalam Pilkada sangat strategis. Kita harus terlibat aktif,” ujar Nisbah, yang juga menjabat sebagai Ketua Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat (Parmas), dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Sulteng.

Selama sesi diskusi, peserta mengusulkan agar KPU Sulteng lebih gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang belum mendapat informasi terkait Pilkada. Mereka juga meminta KPU Sulteng untuk memfasilitasi kegiatan sosialisasi pilkada di komunitas-komunitas mereka.

Beberapa perwakilan organisasi kemahasiswaan menyuarakan kekhawatiran mereka terkait netralitas penyelenggara pemilu dan upaya menekan kecurangan dalam Pilkada. Diskusi tersebut dipandu oleh Kepala Bagian Teknis Pemilu, Partisipasi, dan Humas KPU Sulteng, Cherly Trisna Ilyas, dengan pemateri mantan Komisioner KPU Sulteng, Naharuddin.

Acara ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi pemilih muda dalam Pilkada Serentak 2024, serta memastikan proses pemilihan berjalan dengan jujur dan adil. *

Pos terkait