Bawaslu Sulteng Awasi Ketat Produksi Surat Suara Pilkada 2024

Anggota Bawaslu Sulteng, Ivan Yudharta, bersama Ketua KPU Sulteng, Risvirenol, melakukan pengawasan langsung terhadap proses produksi surat suara Pilkada 2024, di Jakarta Timur, Rabu 9 Oktober 2024. (Foto : Istimewa)

JAKARTA, CS  –  Anggota Bawaslu Sulawesi Tengah (Sulteng), Ivan Yudharta, melakukan pengawasan langsung terhadap proses produksi surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Pengawasan tersebut dilakukan untuk memastikan seluruh tahapan produksi berjalan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Bacaan Lainnya

Ivan menjelaskan bahwa Bawaslu memiliki tanggung jawab memastikan setiap proses, mulai dari pencetakan, pengepakan, hingga distribusi surat suara, berlangsung dengan tepat.

“Tugas kami adalah memastikan bahwa proses produksi surat suara, mulai dari tahap produksi, packing sampai pada proses distribusi nanti, harus sesuai prosedur dan mekanisme yang ada,” ujar Ivan saat mengawasi proses produksi di gudang percetakan logistik surat suara di Jakarta Timur, Rabu 9 Oktober 2024.

Untuk Pilkada Sulawesi Tengah, surat suara yang akan dicetak berjumlah 2.316.102 lembar. Ivan juga menegaskan pentingnya menjaga kualitas bahan serta akurasi data, termasuk gambar dan nama pasangan calon (Paslon) yang telah ditetapkan oleh KPU.

“Kami harus memastikan logistik surat suara ini tepat jumlah, kualitas bahan, termasuk gambar dan tulisan nama dari setiap Paslon, juga harus sesuai ketentuannya,” tambahnya.

Pengawasan juga akan berlanjut hingga tahap distribusi untuk memastikan surat suara tiba tepat waktu di seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Tengah.

Ivan menekankan bahwa Bawaslu akan mengawal setiap tahapan ini secara ketat.

Proses pencetakan surat suara dilakukan di PT. Gelora Aksara Pratama, Ciracas, Jakarta Timur, yang juga disaksikan langsung oleh Ketua KPU Sulteng, Risvirenol, beserta jajaran. **

Pos terkait