Warga Poso Temukan Bom Rakitan Aktif di Kebun

Tim gabungan yang terdiri dari personel Polsek, Danramil, Jibom, serta Inafis Polres Poso, di lokasi untuk melakukan olah TKP dan mengumpulkan barang bukti. (Foto : Istimewa)

POSO, CS – Seorang warga Desa Toini, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, dikejutkan oleh penemuan benda mencurigakan yang diduga kuat sebagai bom rakitan aktif. Benda tersebut ditemukan di salah satu kebun milik Amiruddin (54), seorang petani yang tinggal di Dusun Tolana.

Kapolsek Poso Pesisir, Iptu. Risdiyanto, membenarkan adanya penemuan tersebut.

“Benar, ditemukan bom rakitan di kebun milik warga,” ujar Kapolsek, Senin 16 Oktober 2024.

Penemuan itu terjadi saat Amiruddin tengah membersihkan lahannya. Tanpa sengaja, parangnya membentur benda keras yang kemudian mengeluarkan suara seperti gas. Saat diperiksa lebih lanjut, Amiruddin menemukan sebuah ember plastik hitam yang berisi lima benda berbentuk bulat panjang, terbuat dari pipa besi yang sudah berkarat.

“Amiruddin segera melaporkan hal ini kepada aparat keamanan setempat,” jelas Iptu. Risdiyanto.

Setelah laporan diterima, tim gabungan yang terdiri dari personel Polsek, Danramil, tim penjinak bom (Jibom), serta Inafis Polres Poso langsung menuju lokasi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan mengumpulkan barang bukti.

Bom rakitan tersebut kemudian diamankan untuk dilakukan penanganan lebih lanjut di Disrupter Kompi I Yon B Satbrimobda.

“Kami telah memasang police line di area penemuan untuk menjaga keamanan dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” tambah Kapolsek.

Kapolsek juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan segera melaporkan jika menemukan benda-benda mencurigakan lainnya kepada aparat keamanan. Saat ini, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait asal usul dan motif keberadaan bom rakitan tersebut. (ISHAQ)

Pos terkait