Hidayat Janji Lebih Fokus pada UMKM Jika Terpilih Lagi Sebagai Wali Kota Palu

Pameran pelaku UMKM Kota Palu. (Foto : Istimewa)

PALU, CS – Mantan Wali Kota Palu periode 2016-2021, Dr. Hidayat MSi, yang kini kembali mencalonkan diri bersama Andi Nur B Lamakrate sebagai pasangan “Salam Hormat Handal”, menyatakan komitmennya untuk lebih memprioritaskan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Palu jika terpilih kembali dalam Pilkada 2024.

Dalam kampanye yang digelar, Jumat malam 18 Oktober 2024, Hidayat menegaskan bahwa sektor UMKM merupakan salah satu kunci utama untuk meningkatkan daya tarik wisatawan lokal, nasional, bahkan mancanegara ke Kota Palu.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Hidayat Tegaskan Tidak Akan Persulit Hak Masyarakat

Menurutnya, jika UMKM tumbuh pesat, kota Palu akan semakin menarik sebagai destinasi wisata, yang berdampak pada kemajuan ekonomi masyarakat.

“Jika kita mendampingi dan memberi dukungan kepada pelaku usaha, maka banyak lapangan pekerjaan yang terbuka, ekonomi masyarakat akan mapan, dan masalah pengangguran serta kesenjangan sosial dapat teratasi,” ujar Hidayat.

Selama menjabat sebagai Wali Kota Palu, Hidayat mengaku telah menjalankan berbagai program bantuan untuk UMKM, mulai dari permodalan hingga pendampingan usaha. Ia mencontohkan berbagai jenis usaha yang pernah mendapat dukungan, seperti usaha batu marmer lokal, produksi kue-kue, pakan ternak, dan kerajinan batok kelapa. Namun, ia menyayangkan bahwa sejak tidak menjabat, banyak usaha yang tidak dilanjutkan dan perlahan mati.

Baca Juga :  Bakal Calon Wali Kota Palu Hidayat Janji Hapus Retribusi Sampah dan Pajak Makan Minum 10 Persen

“Tapi, kalau saya diberi kepercayaan kembali, saya berjanji akan menghidupkan kembali usaha-usaha tersebut, bahkan memperluasnya agar lebih banyak orang yang datang dan menikmati kota kita sebagai destinasi wisata,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, salah satu pelaku UMKM, Lia, menyampaikan harapannya agar pemerintah lebih serius dalam menjalin kemitraan dengan sektor swasta untuk pengembangan pariwisata dan industri di Palu. Menurutnya, pelaku usaha kecil seperti dirinya belum merasakan perhatian yang signifikan dari pemerintah.

Hidayat menjawab bahwa selama masa jabatannya, telah banyak mitra swasta yang bekerja sama dengan pemerintah untuk mendukung UMKM, termasuk penyediaan gerobak dan lapak-lapak usaha secara gratis.

Baca Juga :  Di Launching Dahsat, Wali Kota Palu Minta TP-PKK Follow Up Green House Hidroponik

Rahman, seorang pelaku usaha kelapa muda, juga berharap jika pasangan Hidayat dan Andi terpilih, mereka bisa mengembalikan kepercayaan pelaku usaha terhadap pemerintah dan menghilangkan kebijakan yang memberatkan.

“Dulu, zaman Pak Hidayat, usaha kami didukung dengan bantuan modal dan pendampingan, sekarang malah banyak retribusi yang menyulitkan,” tutupnya. **

Pos terkait