KPU Kota Palu Siapkan Debat Publik Pertama Paslon Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2024

Ketua KPU Kota Palu, Idrus, SP., M.Si (tengah), didampingi Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Alfagih Mugaddam Alhabsyi, S.,Ud. (kiri) dan Sekretatis KPU, Aslam Adigama, S.Sos,.M.Si (kanan), memberikan keterangan Pers, di Kantor KPU Kota Palu, Minggu 20 Oktober 2024. (Foto : channelsulawesi.id)

PALU, CS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu tengah mempersiapkan pelaksanaan debat publik pertama bagi pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu 2024.

Debat ini dijadwalkan berlangsung tanggal 21 Oktober 2024, di salah satu hotel di Jalan Basuki Rahmat Kota Palu, mulai pukul 20.00 WITA. Acara ini akan disiarkan secara langsung melalui TVRI Sulteng dan streaming di kanal resmi KPU Kota Palu.

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Kota Palu, Idrus, dalam konferensi pers di Kantor KPU, menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan pematangan persiapan, termasuk rapat koordinasi dengan tim panelis.

“Kami telah menetapkan tujuh panelis yang akan mendukung pelaksanaan debat ini. Panelis tersebut akan bertugas dari debat pertama hingga ketiga,” ungkap Idrus, dalam konfrensi pers, di Kantor KPU Kota Palu, Minggu 20 Oktober 2024.

Idrus menjelaskan bahwa pemilihan panelis bertujuan untuk membangun chemistry di antara mereka.

“Kami ingin kualitas debat publik pertama menjadi evaluasi untuk debat kedua dan ketiga,” jelasnya.

Panelis dipilih dari berbagai disiplin ilmu, dengan mempertimbangkan aspek gender, ekonomi, pendidikan, dan hukum, sisial dan politik.

Debat akan dibagi menjadi enam segmen, dengan total waktu 150 menit. Tema utama debat adalah “Mensejahterakan Masyarakat dan Memajukan Kota Palu.”

Idrus menekankan pentingnya panelis untuk fokus pada visi dan misi pasangan calon, sehingga tidak ada kebingungan terkait peran moderator.

Dia menyampaikan, debat ini akan terbagi dalam enam segmen. Segmen pertama, Penyampaian visi dan misi oleh masing-masing pasangan calon. Segmen kedua, Pendalaman visi dan misi terkait mensejahterakan masyarakat. Segmen ketiga, Pendalaman visi dan misi terkait memajukan Kota Palu. Segmen keempat, tanya jawab, dengan fokus pada sub tema mensejahterakan masyarakat. Segmen kelima, tanya jawab terkait memajukan Kota Palu. Segmen keenam, pernyataan penutup dan ajakan untuk memilih.

Idrus menegaskan bahwa semua pertanyaan dan jawaban harus relevan dengan tema agar tidak terjadi pengulangan isu di debat berikutnya.

Debat publik ini diharapkan dapat memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat mengenai visi dan misi pasangan calon. KPU Kota Palu mengajak seluruh masyarakat untuk menyaksikan dan berpartisipasi dalam proses demokrasi ini. **

Pos terkait