Politisi Golkar Muhlis U Aca Resmi Dilantik Sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Palu Periode 2024-2029

Muhlis U Aca mengambil sumpah dan janji jabatan dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Palu, di ruang sidang utama DPRD Kota Palu, Senin 21 Oktober 2024. (Foto : Istimewa)

PALU, CS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu, menggelar Rapat Paripurna pengucapan sumpah dan janji, Muhlis U Aca,  di ruang sidang utama DPRD Palu, Senin 21 Oktober 2024.

Rapat Paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Kota Palu, Rico AT Djanggola, dan dihadiri Pjs Wali Kota Palu, Muchsin Husein Pakaya, unsur Forkompimda dan anggota DPRD Palu.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Muchsin Husein Pakaya, mengungkapkan harapannya bahwa hari ini akan menjadi momen bersejarah bagi DPRD Kota Palu. Ia pun menyatakan bahwa jabatan merupakan amanah yang harus diemban dengan penuh tanggung jawab.

Muchsin menekankan pentingnya mengartikan setiap tugas sebagai hikmah dan meyakini bahwa Allah SWT selalu mempergilirkan amanah kepada mereka yang pantas memikulnya.

“Mengemban tugas baru harus dilakukan dengan sepenuh hati, meminta petunjuk dari Allah, dan berpegang pada pilar-pilar kebangsaan seperti UUD 1945, Pancasila, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

Ia juga menggarisbawahi bahwa posisi Wakil Ketua DPRD bukan sekadar jabatan, melainkan sebuah amanah untuk mewujudkan cita-cita bersama, menciptakan kota yang maju, sejahtera, dan bermartabat.

“Wakil Ketua harus melibatkan semua elemen politik dan masyarakat, mencari persamaan, dan membuka kemungkinan kerjasama yang harmonis,” tambahnya.

Institusi DPRD Kota Palu, lanjutnya, harus menjadi simbol cita-cita bangsa, di mana suara dan kepentingan rakyat diwakili dengan baik.

“DPRD hadir di tengah masyarakat untuk menyuarakan aspirasi rakyat, sesuai dengan sila keempat Pancasila,” tegasnya.

Muchsin mengingatkan bahwa DPRD kini adalah DPRD zaman now, yang harus terbuka terhadap perubahan dan tuntutan masyarakat. Olehnya, dia mengajak wakil ketua yang baru untuk memperkuat fungsi legislasi, pengawasan, dan anggaran, serta memastikan produk legislasi yang dihasilkan relevan dengan kepentingan jangka panjang kota.

“Pengawasan yang seksama dan responsif terhadap kebutuhan rakyat harus dijadikan prioritas, serta alokasi anggaran yang mendorong kesejahteraan dan keadilan,” ujarnya.

Muchsin juga menegaskan bahwa DPRD harus menjadi mitra eksekutif yang tidak hanya mendorong program dan kebijakan, tetapi juga siap memberikan solusi untuk permasalahan yang ada.

“Semua yang sudah baik harus dilanjutkan, sementara yang perlu dibenahi harus dicari jalannya,” imbuhnya.

Di akhir sambutannya, Muchsin mengucapkan selamat kepada Wakil Ketua DPRD Kota Palu yang baru terpilih untuk periode 2024-2029. Harapannya, di bawah kepemimpinan yang baru, DPRD dapat terus berkontribusi positif bagi kemajuan Kota Palu.

Muhlis U Aca adalah politisi Partai Golkar, yang terpilih  dari Daerah Pemilihan (Dapil) III Kota Palu, yang meliputi Kecamatan Palu Selatan dan Tatanga.**

Pos terkait