Abdul Rahman Harapkan Pimpinan Baru DPRD Sulteng Tingkatkan Sinergi dengan Eksekutif

Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Abdul Rahman, ST, IAI, (kiri) saat menghadiri acara Pengucapan Sumpah Janji Pimpinan DPRD di Gedung Wanita Bidarawasia, Jalan Moh Yamin, Palu, Jumat 25 Oktober 2024. (Foto : dok Humas DPRD)

PALU, CS — Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Abdul Rahman, ST, IAI, menyampaikan harapannya agar empat pimpinan definitif DPRD Sulteng yang dilantik hari ini mampu meningkatkan sinergi dan kolaborasi antara legislatif dan eksekutif.

Pernyataan tersebut disampaikannya usai menghadiri acara Pengucapan Sumpah Janji Pimpinan DPRD yang berlangsung dalam Rapat Paripurna di Gedung Wanita Bidarawasia, Jalan Moh Yamin, Palu, Jumat 25 Oktober 2024.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Abdul Rahman menekankan pentingnya posisi DPRD sebagai mitra kepala daerah sesuai UU Nomor  23 Tahun 2014.

“Kedudukan DPRD sebagai mitra kepala daerah ditegaskan dalam undang-undang ini, di mana pola hubungan antara DPRD dan kepala daerah harus bersifat checks and balance,” ujarnya.

Ia menekankan bahwa kerja sama kolektif antara DPRD dan kepala daerah harus diarahkan pada pemecahan cepat masalah-masalah masyarakat di tingkat lokal, membangun kemitraan yang efektif di tingkat regional, serta mendukung agenda nasional, khususnya menjelang Pilkada Serentak 2024.

“Ini adalah waktu yang tepat untuk menyelaraskan rencana kerja antara pemerintah pusat dan daerah,” tambah Abdul Rahman.

Di akhir sambutannya, Abdul Rahman menyampaikan ucapan selamat kepada para pimpinan DPRD Provinsi Sulawesi Tengah periode 2024-2029.

“Selamat dan sukses kepada pimpinan DPRD yang baru. Banyak tugas berat yang menanti untuk kita kerjakan bersama,” tutupnya dengan optimisme. **

Pos terkait