PALU,CS – Puluhan siswa-siswi SD Inpres 6 Kelurahan Lolu Kota Palu meraih prestasi dalam lomba Generasi Kita Harus Belajar (GEN Ki Hajar). Enam diantaranya bahkan berhasil lolos hingga tahap intermediate.
Progam GEN Ki Hajar merupakan sebuah program yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kemendikbud (Kemdikbud) RI.
Perwakilan siswa dari SD Inpres 6 Lolu ini berkesempatan datang menemui Wali Kota Palu Hadianto Rasyid, Kamis 14 Januari 2022 di ruang kerja Wali Kota Palu.
Siswa didampingi langsung Kepala SD Inpres 6 Lolu, Arham L, guru pendamping, Mustamin, Atrin dan Awhal Ahmad.
Wali kota menyebut mengapresiasi prestasi yang telah dicapai siswa SD Inpres 6 Lolu pada GEN Ki Hajar STEM tingkat Nasional termasuk juga dengan prestasi lainnya.
Prestasi ini menurutnya tak dicapai secara instan, namun atas upaya dan giat belajar siswa dan bimbingan guru dan kepala sekolah dan terutama dukungan dan doa orang tua.
“Karena itu prestasi ini harus dipertahankan ke prestasi selanjutnya. Ini sebagai modal yang sangat berharga dan pemacu siswa dalam meraih sukses dalam menggapai cita-citanya,”kata wali kota.
Siswa berprestasi SD Inpres 6 Lolo yang berprestasi tersebut adalah Zhahira, Aprilia, Rifqy Syairazy, Amanda Lutfia, Amelia Azahra, Putri Dewi Kusuma, Abdul Hanif Brilianto, Nadin Shafana, Adam Mohammad, Azzamy Syafiin, Janitra Ayu Padmarini, Tirza Natalie Chandra, Thahira Al-Syirah Ramadhani.
Kemudian Abdi Bijaksana Pabemba, Rasya Faiz Hisyam, Nugroho
Nadira Mayumi, Assyakirah
Arina Fajriyah Prima, Zalika Ragista Sigi Maru, Sayyid Agung Maulana, Izzatul Virli Aulia.
Wali Kota Palu pun berkesempatan mengenakan jaket dan menyerahkan sertifikat prestasi lomba GEN Ki Hajar STEM Tingkat Nasional.
Kepala SD Inpres 6 Lolu menyebutkan bahwa Kihajar STEM merupakan wadah eksplorasi untuk peserta didik di satuan pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK/ sederajat dan SILN.
Hal ini agar dapat memiliki keterampilan berfikir kritis, kreatif, kolaboratif,dan mampu berkomunikasi dalam menyelesaikan masalah atau project berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Math). Melalui pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi. (***).