Gerak Cepat Relawan PKS Sulteng Bantu Warga Terdampak Luapan Air di Palu

SULTENG,CS – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Muhammad Wahyudin bergerak cepat merespon warga terdampak luapan genangan air di Kota Palu.

Wahyuddin langsung mengintruksikan relawan PKS untuk terjun langsung membantu warga terdampak luapan air setelah mendapat informasi dari relawan PKS.

Ini berawal sekitar pukul 12.00 WITA. Dimana HP salah seorang relawan PKS dikirimkan video pendek dari warga Jalan Batu Bata Indah 2 RT 10/RW 003 Kelurahan Birobuli Utara.

Warga yang bernama Ananta itu, mengaku rumahnya dan beberapa tetangganya, terendam air. Ketinggian air sudah mencapai betis orang dewasa. Hingga pukul 15.00, ketinggian air tidak surut, sehingga Ananta minta bantuan.

Baca Juga :  Setujui Ranperda Perubahan Perda Lalulintas dan Angkutan Jalan, Fraksi PKB Minta Penjelasan Walikota Atasi Parkir Liar

“Tadi sudah ada dari Kelurahan meninjau dan katanya, sudah koordinasi dengan BPPD. Saya bingung ini, karena khawatirnya aliran listrik bisa korslet,”kata Nanta, sapaan akrabnya.

Mendapat informasi dari salah seorang relawannya, Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sulteng, Muhammad Wahyuddin ST, langsung meminta agar relawan PKS ada yang turun ke lokasi dan memberikan bantuan secara maksimal.

“Saya minta ada relawan yang turun ke lokasi. Silakan check dulu, apa yang harus dilakukan dan segera lakukan langkah penanganan,”perintah Wahyu, sapaan akrabnya.

Komandan Relawan PKS, Ahmad Aco, bersama Sopyan El-Noel, langsung melakukan langkah koordinasi dan meminta salah seorang relawan untuk melakukan assessment, untuk mengetahui dan mengidentifikasi masalah.

Baca Juga :  PKB Siapkan Dua Kader untuk Pilwalkot Palu

“Perlu ditelusuri dulu, supaya pas alat yang dibawa, dengan masalah yang akan dihadapi,”kata Sopyan.

Setelah dicheck dan relawan turun ke lokasi, ternyata masalah yang dihadapi Ananta bersama beberapa warga di lokasi, tidak sederhana. Luapan air yang menggenangi beberapa rumah, karena lokasi perumahan yang ada di tengah dan tidak adanya pembuangan yang memadai.

“Kalaupun kita menyedot dengan gunakan alkon, tampaknya tidak terlalu maksimal. Tapi tetap kita upayakan. Minimal mengurangi debit air, supaya tidak lagi menggenangi bagian dalam rumah,”kata Ahmad Aco yang memimpin langsung relawannya di lokasi kejadian.

Selain membantu mengurangi debit air, relawan PKS juga membuat tanggul seadanya dari pasir, untuk menghalangi air agar tidak masuk ke dalam rumah. Selain itu, relawan PKS juga berkoordinasi dengan pemerintah. Yang pertama ditemui, selain Ananta, relawan juga mencari Ketua RT 10 RW 015 Kelurahan Birobuli Utara Sam Fredy. Juga melakukan kontak dengan Wakil Ketua DPRD Kota Palu, Muh Rizal dg Sewang untuk melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Palu.

Baca Juga :  Dishub Palu Target Retribusi Parkir Rp1,7Miliar Lebih

“Alhamdulillah, sudah koordinasi dan hasilnya teman-teman Pemadam Kebakaran datang membantu menyedot air. Karena sudah ada bantuan, relawan PKS kemudian pamit. Kami meninggalkan lokasi, sekitar pukul 20.00 malam, setelah memastikan semuanya aman. Alhamdulillah,”tambah Ahrir Meli, salah seorang relawan PKS yang paling terakhir balik kanan.(**)

Pos terkait