Palu Raih Piala Adipura 2023, Ini Tiga Lokasi Rencana Penempatan Tugu Adipura. Masyarakat diminta Pilih yang Terbaik

PALU,CS – Kota Palu akhirnya berhasil meraih piala adipura untuk pertama kalinya. Prestasi ini terjadi dalam masa pemerintahan Wali Kota Palu Hadianto Rasyid dan wakilnya, dr Reny A Lamadjido. Sebab memang, adipura menjadi salahsatu target prioritas dalam visi -misi pemerintahannya.

Kepastian mengenai Kota Palu berhasil meriah adipura terkonfimasi melalui surat pemberitahuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun nomor UN.13/PSLBJ/PAS/PLB.0/2/2024 tanggal 29 Februari 2024 yang ditujukan kepada Wali Kota Palu untuk mengahdiri undangan penyerahan penghargaan piala adipura 2023.

Dalam surat ini diberitahukan bahwa penerimaan penghargaan adipura rencananya dilaksanakan Selasa 5 Maret 2024 di Auditorium Dr Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Jalan Gatot Subroto Jakarta Pusat.

Wali Kota Palu hadianto rasyid mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu saat ini terus berupaya keras merubah wajah Palu menjadi kota yang betul-betul layak disebut sebagai Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Baca Juga :  Peluncuran Tahapan Pilkada 2024, Ketua KPU Palu Sampaikan Tahapan dan Anggaran

Beberapa keberhasilan Pemerintah Kota Palu di bidang pengelolaan lingkungan, seperti dalam setahun terakhir merevitalisasi TPA Poi Panda Kelurahan Kawatuna dari open dumping menjadi sanitary landfill. Sanitary landfill yang diterapkan di TPA Poi Panda sebenarnya untuk kategori kota besar. Namun Palu telah menerapkannya meski kategorinya kota sedang.

Kemudian, melakukan penambahan armada sampah di setiap kelurahan, pembatasan plastik sekali pakai, hingga kenaikan 100% gaji anggota Padat Karya sebagai garda terdepan dalam pengelolaan lingkungan di Kota Palu.

Atas keberhasilan yang diraih ini, Wali Kota Palu Hadianto mengajak seluruh masyarakat untuk terus menjaga lingkungan Kota Palu.

Baca Juga :  Reny Lamadjido Hadiri Gerakan Aksi Pancasila Lawan Stunting

“Adipura ini menjadi cambuk bagi kita, untuk terus jaga lingkungan sekitar,” kata wali kota.

“Meraih Adipura sulit, tapi mempertahankan akan jauh lebih sulit. Tapi InsyaAllah kita bisa, asal bersama-sama,” tambah wali kota.

Sekretaris DLH Palu Ibnu Mundzir kepada media ini menambahkan, ini pertama kalinya Kota Palu berhasil meraih piala adipura. Di Sulteng menurutnya ada tiga kabupaten yang mendapat undangan untuk menerima penghargaan terkait adipura. Yakin Kota Palu, Kabupaten Morowali dan Kabupaten Parigi Moutong. Namun Ibnu Mundzir belum mendapat informasi apakah dua kabupaten tersebut juga berhasil meraih penghargaan yang sama dengan Kota Palu.

“Kalau Kota Palu sudah jelas kita mendapat penghargaan itu dalam bentuk piala,”jelas Ibnu.

Adipura tertinggi menurutnya adalah adipura dengan kriteria adipura kencana dengan piala berbahan emas. Namun adipura kencana ini baru bisa didapatkan oleh satu daerah jika telah berhasil tiga kali mendapat piala adipura.

Baca Juga :  Lantik 36 Pejabat, Hadianto: Jangan Buat Kebijakan Sendiri

“Kita di Palu juga dapat piala adipura, namun karena baru pertama kali, pialanya masih berbahan perak,”ungkapnya.

Berkaitan dengan penghargaan ini, Ibnu menyebut saat ini pihaknya tengah mempersiapkan lokasi pembangunan untuk penempatan tugu adipura tersebut. Sejauh ini ada tiga lokasi yang dipersiapkan,  yakni lokasi taman nasional atau tugu lorong waktu kemudian lapangan vatulemo dan jalan pertigaan bumi kaktus atau depan gedung Gelora Bumi Kaktus. Bahkan ada satu masukan untuk menggunakan lokasi tugu nol yang kini terpasang videotron.

“Untuk penempatan ini kemungkinan kami akan meminta masukan masyarakat secara terbuka, kira-kira lokasi pembangunan tugu adpiura yang strategis itu di mana,”ucapnya (TIM)

 

Pos terkait