Bupati Tolitoli Anggarkan Rp2 Miliar Perbaikan Pipanisasi Distribusi Milik PDAM Ogomalane

TOLITOLI,CS – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tolitoli berencana mem-plot anggaran kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Ogomalane tahun 2024 ini sebesar Rp2 miliar  untuk mengoptimalisasi jaringan distribusi air secara bertahap untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga masyarakat setempat.

Direktur PDAM Ogomalane yang tidak diketahui namanya menjelaskan, setiap tahun pihaknya menyetor pemasukan pendapatan asli daerah  ke kas daerah sebesar Rp120 juta. Meski begitu menurutnya, sejauh ini tunggakan pelanggan ke PDAM juga sangat besar yakni menembus Rp14 miliar lebih.

Terhadap hal itu, pihak PDAM lanjutnya tidak pernah melakukan pengalihan asset. Karena semua kegiatan operasional pada instalasi PDAM, secara keseluruhan dilakukan perusahaan sehingga untuk dapat memberi kontribusi terhadap struktur keuangan daerah maka perlu adanya penambahan distribusi dan penambahan kapasitas produksi air bersih.

Baca Juga :  HUT ke-77 Bhayangkara, Polres Tolitoli Bakti Sosial Rumah Ibadah dan Anjangsana Pesantren

“Perlu penambahan distribusi dan kapasitas produksi agar bisa  memberikan kontribusi PAD bagi daerah,”kata Direktur PDAM Ogomalane, Kamis 9 Mei 202.

Bupati Tolitoli Amran H Yahya mengatakan pipa distribusi PDAM saat ini sudah banyak yang keropos lantaran sejak Bupati Buol Tolitol hingga saat ini tidak pernah diganti.

“Karena itu saya berpikir pembangunan disemua bidang, tapi hal yang paling urgent menyangkut hajat hidup setiap orang adalah air. Jika ingin hidupkan manusia penuhi kebutuhannya dan air adalah sumber kehidupan,”kata Amran Hi Yahya dengan diplomatis (Armen Djaru)

Pos terkait