10 Wasit Jiujitsu Ikuti Sertifikasi Juri Nasional

Jiujitsu (FOTO : Pixabay.com)

SULTENG, CS – Pengurus Besar Jiujitsu Indonesia (PBJI)  Sulawesi Tengah (Sulteng) menyelenggarakan Sertifikasi Wasit Juri Nasional Jiujitsu di Palu, Sabtu 29 Januari 2022.

PBJI Sulteng mengundang Komite Wasit Nasional PBJI Pusat yang dihadiri Anggi V Goenadi.

Ketua Panitia Kejurprov PBJI Jiujitsu Sulteng yang juga Ketua Harian PBJI Sulteng, Imran Noch Alatas mengatakan, ujian sertifikasi ini dihadiri 10 wasit Jiujitsu tiga kabupaten, yaitu Palu Sigi dan Donggala.

“Pelaksanaan ujian sertifikasi ini untuk menghasilkan wasit juri Jiujitsu Sulteng yang berkualitas dan bisa memimpin pertandingan Jiujitsu baik itu level kejuaraan provinsi maupun nasional,” kata ASN di Badan Pendapatan Daerah (BPD) Provinsi Sulteng ini.

Baca Juga :  Bapemperda DPRD Sulteng Sepakati Enam Ranperda Untuk Pembahasan Pansus

Sertifikasi Wasit Nasional Jiujitsu dirangkaikan dengan Kejurprov Jiujitsu Sulteng diselenggarakan, Ahad 30 Januari 2022. 10 wasit juri Jiujitsu yang selesai ikut sertifikasi ini akan menjadi wasit Kejurprov yang diikuti sekitar 34 atlet Jiujitsu di Sulteng.

Suasana sertifikasi wasit juri nasional Jiujitsu di Palu, Sabtu 29 Januari 2022. (FOTO : dok Humas KONI)

Sekretaris Umum KONI Sulteng, Husin Alwi ST saat membuka kegiatan berharap, Jiujitsu di Sulteng berkembang  dan menjadi cabang olahraga (Cabor) unggulan Sulteng. Kata dia, melalui pembekalan SDM yang baik utamanya wasit juri, kedepan bisa menghasilkan atlet yang berkualitas.

“Untuk itu saya mengapresiasi penataran wasit juri nasional ini karena di Sulteng ini minim wasit juri yang bersertifikat nasional,” kata Husin Alwi.

Baca Juga :  Satgas OMP Tinombala Amankan Kedatangan Logistik Surat Suara Pilkada Sulteng 2024

Sekaitan dengan program KONI Sulteng kedepan yakni Sulteng Emas. Husin meminta Jiujitsu bisa ambil bagian pada Pekan Olahraga Porprov tahun 2022 di Kabupaten Banggai.

Menurutnya, Porprov bisa menjadi ukuran prestasi bagi Cabor Jiujitsu dalam menggapai prestasi PON XXI-2024, di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Dipenghujung Husin mentakan, meskipun Poprov Jiujitsu belum dipertandingkan secara resmi, namun PON XXI-2024 mendatang Jiujitsu akan dipertandingkan secara resmi. Olehnya, Husin meminta Jiujitsu terus berbuat agar bisa meraih prestasi PON 2024. **

Pos terkait