Hadianto Harap Festival Tangga Banggo ke-5 Bisa Maju dimasa Mendatang

PALU,CS – Wali Kota Palu Hadianto Rasyid membuka Festival Tangga Banggo ke-5 di Kelurahan Siranindi, Jumat 20 September 2024.  Wali Kota Palu Hadianto menegaskan Pemerintah Kota Palu terus memperkuat pelaksanaan Festival Tangga Banggo, yang merupakan perayaan kebudayaan khas di Kelurahan Siranindi.

“Tahun demi tahun penguatan terhadap Tangga Banggo terus kita tingkatkan. Hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan Tangga Banggo ke-5 yang dapat kembali terlaksana,”kata wali kota.

Hadianto berharap, perkembangan perayaan Tangga Banggo melalui festival ini dapat lebih maju lagi di masa mendatang.  Sekaligus mengapresiasi terlaksananya festival tersebut dan meminta Dinas Pariwisata Kota Palu untuk terus mendukung upaya-upaya penguatan identitas budaya lewat kegiatan seperti ini.

Baca Juga :  Camat Mantikulore dilantik Jadi Kepala Dinas Periwisata Palu

Hadianto mengungkapkan bahwa perubahan yang dilakukan Pemerintah Kota Palu saat ini masih memerlukan upaya kuat dan dukungan dari masyarakat.  Menurutnya perubahan yang dirasakan oleh Kota Palu baru mencapai sekitar 10-15persen dari seluruh ekspektasi masyarakat.

“Ini berarti masih ada sekitar 85% lagi yang harus kita kerjakan bersama untuk menjadikan Kota Palu layak sebagai Ibu Kota,” ungkap wali kota.

Untuk diketahui, Festival Tangga Banggo ke-5 akan berlangsung selama tiga hari, mulai dari 20 hingga 22 September 2024, dengan melibatkan sekitar 52 tenant UMKM. Salah satu kegiatan yang menjadi perhatian adalah teatrikal yang mengisahkan sejarah Tangga Banggo, untuk menjawab pertanyaan masyarakat mengenai asal-usulnya.

Baca Juga :  Penyebab Lakalantas, Politisi NasDem Desak Pemkot Palu Tegakkan Perda Ternak

Dengan banyaknya etnis yang tinggal di Kelurahan Siranindi, Festival Tangga Banggo juga turut melibatkan berbagai komunitas etnis. Penghormatan dan kerukunan antar etnis menjadi nilai utama yang dijunjung dalam perayaan ini (**)

 

 

Pos terkait