Mahasiswa KKN USN Kolaka Perkenalkan Jus Daun Kelor untuk Cegah Stunting

Rangkaian kegiatan KKN XI mahasiswa USN Kolaka di Desa Langgomali, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. (Foto: Dok Syahrul/USN Kolaka)

KOLAKA, CS – Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) XI yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka di Desa Langgomali, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara telah berakhir. Selama beberapa pekan, mahasiswa telah aktif memberikan berbagai program pengabdian masyarakat yang sangat bermanfaat bagi warga desa.

Dalam acara penutupan yang berlangsung khidmat baru-baru ini, berbagai hasil kegiatan KKN dipresentasikan. Mulai dari program pemberdayaan ekonomi, pendidikan, kesehatan, hingga infrastruktur desa. Mahasiswa berhasil membangun gerbang desa, lomba hari kemerdekaan, sosialisasi pencegahan stunting, pembelajaran di sekolah, kerja bakti di tempat ibadah dan kegiatan kolaborasi dengan karang taruna setempat. Program unggulan berupa pembuatan jus daun kelor sangat bermanfaat di kalangan masyarakat, khususnya ibu-ibu PKK yang ada di Desa Langgomali ini. Minuman untuk cegah stunting pada anak ini dapat dengan mudah dibuat oleh warga karena bahan bakunya melimpah di desa.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  UIN Datokarama Palu Siapkan Pekan Audit Mutu Internal 2024 untuk Tingkatkan Kualitas Lembaga

Dosen Pembimbing Lapangan KKN XI USN Kolaka di Desa Langgomali, Syahrul, S.Si., M.T mengungkapkan terima kasih kepada kepala desa dan aparat desa yang telah memberikan fasilitas di desa dalam rangka melaksanakan program kerja mahasiswa. Ia juga mengimbau mahasiswa KKN agar dapat menerapkan ilmu yang diperoleh selama KKN untuk dapat dilaksanakan di desa atau kampung mereka masing-masing.

Kepala Desa Langgomali, Drs. Sahiruddin juga menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mahasiswa atas dedikasinya selama melaksanakan KKN di desa tersebut.

“Kehadiran mahasiswa KKN sangat memberikan dampak positif bagi desa kami. Program-program yang dilaksanakan sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat. Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut,” ujarnya.

Baca Juga :  Satgas PPKS USN Kolaka Ajak Mahasiswa Baru Cegah Kekerasan Seksual

Sementara itu, Muhammad Nurhaedir selaku ketua posko KKN mengungkapkan bahwa pengalaman KKN ini sangat berharga.

“Kami tidak hanya memberikan ilmu, tetapi juga mendapatkan banyak pelajaran hidup dari masyarakat desa. Semoga apa yang telah kami lakukan dapat bermanfaat bagi Desa Langgomali dan masyarakatnya,” ucapnya.

Dengan selesainya kegiatan KKN ini, diharapkan Desa Langgomali dapat semakin maju dan berkembang. Mahasiswa pun kembali dengan membawa segudang pengalaman dan pengetahuan yang berharga. (DAR)

Pos terkait