Wawali Paparkan City For All Dalam Launching ALAKE

PALU,CS – Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido, menghadiri acara launching dan diskusi publik Alokasi Anggaran Kelurahan Berbasis Ekologi (ALAKE) di Kota Palu.

Acara yang digagas The Asia Foundation dan Yayasan Sikola Mombine dilaksanakan di Hotel Best Western Coco Palu Rabu 18 Januari 2023.

Dalam sambutannya Reny menyebut diantara 53 program prioritas Pemkot Palu yang berkenaan dengan pemenuhan hak asasi warga kota adalah terpenuhinya ruang perkotaan yang baik, aman dan nyaman dalam mainstriming pembangunan berkelanjutan.

Program itu adalah program Palu Adipura, Palu Hijau dan bentuk program maupun pendanaan yang terkelola secara terinstitusionalisasi.

Menurutnya pelaksanaan alokasi anggaran kelurahan berbasis ekologi di Kota Palu, telah dimulai dengan terbitnya Peraturan Walikota nomor 30 tahun 2022 tentang penetapan pagu indikatif kelurahan. Di antara maksudnya yaitu mendorong inisiatif dari setiap kelurahan untuk saling berlomba menyajikan praktek dan implementasi program/kegiatan yang lebih bernuansa hijau dan konservasi.

Baca Juga :  APBD Palu 2023, Pendapatan Rp1,3 Triliun, Belanja Rp1,5 Triliun

Dalam bingkai Palu Adipura dan Palu Hijau, yang dalam pelaksanaannya didasarkan pada partisipasi warga mulai dari tahap perencanaan musrenbang hingga implementasi kegiatan, melalui lomba kelurahan mantap.

Harapannya tentu saja, praktek yang baru mulai di Kota Palu ini, bisa sebagai embrio cerita baik, sebuah praktek menyajikan contoh pembangunan yang baik dari daerah yang notabene memiliki ruang fiscal yang sempit namun bisa melakukan fasilitasi, asistensi dan promosi terhadap sebuah gerakan institusionalisasi insentif fiscal berbasis pembangunan hijau di kelurahan di Kota Palu.

“Dialog publik kita hari ini sekaligus launching pelaksanaan alokasi anggaran kelurahan berbasis ekologi di Kota Palu, bisa sebagai wahana untuk terus menyempurnakan dilanjutkan dengan memberikan penguatan khususnya pada tingkatan kelurahan dan aparatur,”kata Reny.

Baca Juga :  11 Ambil Formulir, Baru 6 Balon Wali Kota Palu Masuk Sicakada DPP PKB

Sehingga performa pengelolaan fiskal yang berbasis pembangun hijau, keberpihakan gender dan kelompok inklusi lainnya dalam bingkai Palu Mantap Bergerak, bisa terus berlangsung dan menemukan momentum implementasinya dimasa yang akan datang.

“Visi jangka panjang pemerintah Kota Palu yaitu City For All atau kota untuk semua dapat benar-benar terealisir,”ujarnya.

Sederet pejabat yang hadir dalam kegiatan ini, Diretorat Jenderal Bina Keuangan Daerah/ Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Rino Rio Kent, Direktur enveromental governance unit /the asia foundation, Alam Surya Saputra, Andi Pangurisan Walinono dari Bappeda Pare-Pare.

Baca Juga :  Kawasan Hutan Salena Tidak Boleh Dialih Fungsikan Jadi Hutan Budidaya

Kemudian Kepala DLH Sulteng, Kepala Bappeda Palu, Arfan, Sekrets DLH Palu, Ibnu Mundzir, Ketua Yayasan Sikola Mombine sekaligus anggota DPRD kota Palu Mutmainah Korona.

Direktur eksekutif yayasan sikola mombine, Nursafitri Lasibani, akademisi Untad, dr Moh.Ahlis djirimu (***).

Pos terkait