Pemuda Desa Galumpang Menakar  Komitmen Anak Bupati Tolitoli

TOLITOLI,CS – Ketua Karang Taruna Desa Galumpang Kecamatan Dakopamean, Takdir membawa sejumlah rekannya silaturahmi  ke bale tau dako lipu atau rumah jabatan Bupati Tolitoli, Jumat 27 Oktober 2023 malam. Mereka menemui Bupati Amran H Yahya sekaligus anknya, Fauzan.

Di hadapan bupati dan anaknya, Takdir menyebut dalam waktu dekat akan melaksanakan serangkaian kegiatan kepemudaan di desanya untuk memeriahkan hari sumpah pemuda yang ke 95 tahun ini..

Armin Djaru berpendapat, karang taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah pedesaan

Baca Juga :  Kapolres Sebut Natal di Tolitoli Berjalan Kondusif

Tapi Takdir membantah jika malam itu menemui Fauzan adalah pertemuan politik. Karena fauzan saat ini tercatat sebagai Caleg PBB untuk DPRD Sulteng. Dia mengaku hanya ingin menakar sejauh mana kepedulian Fauzan untuk pemuda khususnya organisasi karang taruna. Apalagi Fauzan adalah salah satu pengurus Pemuda Pancasila

“Seberapa penting sikap Fauzan terhadap organisasi karang taruna,”ujarnya.

Kedatangan Takdir dengan rekannya yang masih terlihat pemuda tanggung itu disambut hangat Fauzan. Ia juga menanggapi positif tujuan mulia organisasi karang taruna Galumpang. Tapi sayangnya kata Fauzan seorang legislator sejauh ini tidak diwajibkan membantu karang taruna. Isi kepala Fauzan tentang hal itu ia sandarkan pada UU 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah 15 Oktober 2004 dan Permensos Nomor 25 tahun 2019.

Baca Juga :  Ruas Jalan di Komplek Bundaran Tugu Cengkeh Akan dipasang Polisi Tidur

“Sampai saat ini legislator tidak ada kepedulian terhadap organisasi karang taruna,”ujarnya.

Leading sektor yang megurusi karang taruna menurutnya adalah tanggung jawab dinas sosial.

“Padahal organisasi harus ditumbuh kembangkan, ini perintah undang-undang kita “kata Fauzan, alumni universitas Muslimin Indonesia ini.

Sedang Bupati yang menyimak perbincangan anaknya dengan anak-anak Galumpang itu berpesan agar mulai hari ini generasi harus berbuat dengan ikhlas.

“Agar masa tua nanti kalian bisa memetik hasilnya. Tentu haru dijalani dengan ikhlas dan kemauan yang keras,”ujar Amran H Yahya diplomatis.

Amran H Yahya menilai keberadaan organisasi karang taruna memiliki peran dalam pembangunan daerah. Khususnya dalam meningkatkan potensi serta peran aktif generasi muda untuk bangun kesejahteraan sosial dalam lingkup masyarakat,

Baca Juga :  Kapolsek Galang Monitoring Kesiapan Distribusi Logistik Pemilu

“Saya pikir Fauzan harus berbuat karena belajar dari saya sebagai bupati hari ini juga adalah generasi muda awalnya, Meskipun bodoh tetapi cerdas dan punya tekad yang kuat untuk berubah agar berguna untuk bangsa khususnya masyarakat di lingkungan kita dulu,”pesan Bupati (Armin Djaru)

Pos terkait