Bhabinkamtibmas Pastikan Belum Ada Ternak Yang Terserang PMK di Malambigu Tolitoli

TOLITOLI,CS – Bhabinkamtibmas Desa Malambigu Polsek Dampal Utara Kabupaten Tolitoli, Briptu Farid Wajdi memastikan belum ada hewan ternak berkuku yang terserang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di desa tersebut.

Kepastian itu setelah dilakukan pendataan dan pengecekan kandang dan hewan ternak warga menyusul ramainya pemberitaan tentang penularan virus PMK di Indonesia

Berdasarkan hasil pendataan dan pengecekan jumlah hewan ternak di Desa Malambigu, tercatat sebanyak 148 ekor sapi dan 222 ekor kambing. Bhabinkamtibmas juga memastikan tidak ternak kuda, kerbau dan babi di desa tersebut.

Baca Juga :  Kapolsek Dako Pamean Hadiri Wisuda Tiga Lembaga PAUD

Menurutnya kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu upaya pengendalian mitigasi, identifikasi serta pengendalian penyebaran PMK pada hewan ternak yang berkuku seperti sapi, kambing dan ternak lainnya yang masuk diwilayah Desa Malambigu pada khususnya dan Kecamatan Dampal Utara pada umumnya.

Ia mengimbau warga pemilik sapi untuk berhati hati serta untuk sementara tidak membeli sapi yang berasal dari luar daerah untuk mengantisipasi penularan PMK (***)

 

Pos terkait