Pemkot dan DPRD Palu Tidak Saling Membawahi

PALU,CS – Rapat paripurna penutupan masa persidangan catur wulan (Cawu) III tahun 2022 digelar sekaligus dengan pembukaan masa persidangan Cawu I tahun 2023 di DPRD Kota Palu, Kamis 5 Januari 2023 di ruang sidang utama DPRD Palu.

Wali Kota Palu dalam rapat tutup buka masa sidang ini diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Palu Moh Rizal.

Rapat paripurna dibagi dalam dua sesi. Pada sesi penutupan masa sidang Cawu III tahun 2022 dipimpin Wakil Ketua 1 DPRD Kota Palu Erman Lakuana. Lalu pada pembukaan masa sidang Cawu I tahun 2023 dipimpin Wakil Ketua 2 DPRD Kota Palu Rizal Dg Sewang.

Baca Juga :  Dua SPBU di Palu Menolak Jual Solar Subsidi

Salah satu agenda dalam masa sidang Cawu I 2023 adalah pembahasan 1 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang perubahan kedua atas peraturan daerah nomor 10 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah.

Asisten I mengatakan, hubungan antara Pemkot Palu DPRD Palu merupakan hubungan kerja yang kedudukannya sejajar dan bersifat kemitraan. Artinya bahwa kedua lembaga ini tidak saling membawahi.

Hal ini tercermin dalam proses pembuatan kebijakan daerah baik berupa produk hukum daerah maupun dalam merumuskan kebijakan daerah yang bersifat strategis lainnya.

Hubungan kemitraan ini menurutnya bermakna bahwa Pemkot dan DPRD Palu adalah sama-sama patuh kepada hukum yang berlaku dalam membuat kebijakan daerah untuk melaksanakan amanat otonomi daerah sesuai dengan fungsi masing-masing.

Baca Juga :  Pengkot Perbakin Palu Dikukuhkan 15 Maret

Sehingga akan terbangun hubungan kerja yang harmonis, saling mendukung, saling memberi informasi. Hal ini untuk mewujudkan pengelolaan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang lebih baik lagi di masa datang.

Rizal menyebut kritikan yang lebih tajam dari para anggota dewan nantinya diharapkan agar Ranperda dan rancangan kebijakan yang akan ditetapkan dan diundangkan nantinya, benar-benar dapat berlaku dan berjalan dengan baik serta efektif di tengah-tengah masyarakat Kota Palu sebagaimana yang diharapkan bersama.

Wali Kota Palu lanjut Rizal berterima kasih atas peran dan partisipasi DPRD Palu. Wali kota juga mengajak untuk selalu menyatukan tekad dan komitmen serta senantiasa membangun kebersamaan dan kekompakan dalam mengemban amanah pemerintahan ini untuk benar-benar menjadi pemicu dan pemacu semangat.(***).

Pos terkait