Gubernur Sulteng Terima Surat Dukungan Operasional PT Trio Kencana dari Tokoh Masyarakat Kasimbar

Salah satu tokoh masyarakat Kasimbar menyerahkan surat dukungan PT Trio Kencana kepada Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura, Kamis 5 Januari 2023. (FOTO : Istimewa)

SULTENG, CS – Tokoh Masyarakat Kecamatan Kasimbar, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) menemui  Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Rusdy Mastura, menyerahkan surat dukungan Operasional Tambang PT Trio Kencana, di Kantor Gubernur, Kamis 5 Januari 2023.

Turut mendampingi Gubernur Sulteng, Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra, Dr. Rohani Mastura. Karo Administrasi Pimpinan, Edy Lesnusa, dan Sekretariat Tim Ahli Gubernur Airil Pettalau.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  AMSI Sulteng Sayangkan Penelantaran Jurnalis Liputan Peresmian KPN

Dikesempatan itu, tokoh yang mewakili masyarakat, Wilman Winter menyampaikan, perwakilan masyarakat datang kepada Gubernur menyampaikan dukungan agar PT Trio Kencana segera melakukan operasional pertambangan sesuai IUP yang dimiliki.

Disampaikannya, hal itu merupakan tindaklanjut masyarakat  atas hasil pertemuan dengan perewakilan perusahaan, H. Sutianto. Dimana H. Surianto berjanji tahun 2023 akan segera eperasi dan membayar hak-hak masyarakat sesuai kesepakatan.

Menanggapi hal itu, Gubernur menyatakan dukungan dan berharap Investasi dapat memberikan nilai tambah, baik kepada masyarakat dan kepada Pemerintah. Namun, Gubernur juga mengaku dilematis. Karena disatu sisi ada pihak yang menolak dan di lain pihak sangat banyak yang mendukung atas hadirnya PT Trio Kencana.

Baca Juga :  Dinas Peternakan Donggala Gelar Kontes Ternak Tahun 2022

Oleh karena itu, Gubernur meminta kepada pihak perusahaan melalui, H. Surianto, agar membawa pihak-pihak yang menolak untuk studi banding di pertambangan yang ramah lingkungan, agar masyarakat mengerti sistem pengelolaan pertambangan yang dilakukan di Kasimbar yang ramah lingkungan dan tidak merusak sawah masyarakat.

Gubernur juga meminta agar PT. Trio Kencana dapat mensosialisasikan kegiatan-kegiatan dan metode yang dipergunakan, sehingga masyarakat mengetahui bagaimana metoda operasional perusahaan.

“Setelah ada kesepakatan saya minta PT. Trio Kencana segera bayar hak -hak masyarakat. Saya minta juga agar PT. Trio Kencana dapat mengambil hati masyarakat dan memastikan operasional pertambangan yang di Lakukan tidak merusak lingkungan, terutama perkebunan masyarakat,” tegas Gubernur. **

Pos terkait