Tampil Menuju Senayan, Haji Beni Bakal Jadi Batu Sandungan Dua Mantan Bupati Banggai

Ir.H. Beniyanto Tamoreka, ST, dan Herwin Yatim

BANGGAI, CS – Meski tampil sebagai pendatang baru di panggung politik Kabupaten Banggai, nama Ir.H. Beniyanto Tamoreka, ST, tak bisa dipandang sebelah mata oleh publik.

Lahir melalui Musda dan memegang kendali ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Banggai, sosok figur yang humble (rendah hati) ini, selalu menyedot perhatian kalangan politisi di daerah tersebut.

Bacaan Lainnya

Hadir sebagai Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPR RI pada pemilu 2024 mendatang, adik kandung Bupati Banggai Ir.H. Amirudin Tamoreka ini, bisa dipastikan melenggang mulus menuju kursi parlemen senayan (istilah kantor DPR RI).

Baca Juga :  Sidang PHP Palu dan Tolitoli digelar Bersamaan, Begini Jadwalnya

Meskipun ada 2 nama mantan Bupati Banggai, yakni HM.Sophian Mile (Partai Nasdem) dan Herwin Yatim (PDI-P), yang dipastikan ikut dalam merebut 8 jatah kursi DPR RI, namun beberapa kalangan menilai, tak mampu membendung pria yang akrab disapa Haji Beni itu.

Jika disandingkan dengan kedua mantan Bupati Banggai tersebut, Haji Beni yang merupakan Ketua KADIN Kabupaten Banggai ini, seakan menjadi idola baru bagi seluruh kalangan.

Nama Haji Beni pun dianggap sebagai salah satu penentu dibalik kemenangan sang kakak pada Pilkada 2019 silam dan menggeser Herwin Yatim dari kursi Bupati yang hadir sebagai petahan kala itu, sehingga tak bisa memimpin untuk periode kedua.

Baca Juga :  Binda Sulteng Gencarkan Vaksinasi di Kabupaten Poso

Jika segelintir perdebatan pada diskusi-diskusi warung kopi menyebut jika Herwin Yatim dan Sophian Mile bakal menjadi rival berat Haji Beni, ternyata salah. Kedua mantan Bupati tersebut dianggap bukan menjadi batu sandungan buat Haji Beni.

Publik saat ini banyak berspekulasi. Sosok Sophian Mile tak lagi populis di kalangan masyarakat, karena sebelum kalah dari rivalnya Herwin Yatim pada Pilkada 2015, eks politisi Partai Golkar itu pernah menjabat Aleg DPR RI sebelum menjadi Bupati Banggai pada Pilkada 2011 silam.

Terlebih nama Herwin Yatim yang merupakan mantan Bupati Banggai periode 2014-2019. Pasca tak mampu mempertahankan kursi empuknya sebagai Bupati Banggai karena dikalahkan pasangan Ir.H.Amirudin Tamoreka dan Drs.H.Furqanuddin Masulili pada Pilkada 2019, namanya seolah lenyap ditelan bumi.

Baca Juga :  2024 Kabupaten Banggai Target Rangking 1 Prevelensi Stunting Rendah

Sejak terlepas dari keluarga besar Murad, Elektabilitasnya terus menurun drastis. Sebab bukan menjadi rahasia umum lagi, jika salah satu kekuatan politik Herwin Yatim adalah nama besar keluarga almarhum Murad Husain.

Dengan begitu, Haji Beni yang saat ini terus memacu laju mesin politik Partai Golkar Kabupaten Banggai untuk melakukan konsolidasi dalam menghadapi Pemilu 2024. Dengan mendorong Haji Beni sebagai utusan Dapil Sulawesi Tengah yang merupakan kebanggaan masyarakat Kabupaten Banggai. (AMLIN)

Pos terkait