Kota Palu Punya Peran Penting Menjaga Nilai-nilai Pancasila

PALU,CS – Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Palu Muchlis Husain Pakaya mengemukakan, Pancasila adalah dasar negara dan menjadi ideologi pemersatu bangsa yang harus diimplementasikan dalam setiap aspek kehidupan.

Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam pancasila menurutnya harus terus diaktualisasikan, khususnya dalam menghadapi berbagai tantangan global maupun lokal yang dihadapi saat ini.

Kota Palu ujar Muchlis sebagai bagian dari indonesia, memiliki peran penting dalam menjaga nilai-nilai pancasila agar tetap hidup dan diterapkan oleh seluruh warganya.

Demikian Muchlis membuka diskusi kelompok terpumpun diseminasi dan evaluasi pengukuran indeks aktualisasi Pancasila (IAP) Kota Palu bagi kepala OPD dan pemangku kepentingan di Kota Palu, Selasa 22 Oktober 2024 di Hotel Santika Palu.

Baca Juga :  Wawali Palu Harap Pengawu Festival digelar Rutin Tiap Tahun

Diseminasi dan evaluasi pengukuran indeks aktualisasi Pancasila (IAP) ini diselenggarakan bersama Badan Penguatan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Kesbangpol Palu dan Badan Pusat Statistik (BPSK Sulteng dan Kota Palu.

“Hari ini, melalui kegiatan ini, kita akan membahas dan mengevaluasi hasil pengukuran indeks aktualisasi pancasila di kota palu. Kegiatan ini sangat penting untuk memastikan sejauh mana pancasila dihayati dan diamalkan oleh masyarakat, serta menjadi panduan dalam menentukan langkah-langkah strategis ke depan,”kata Muchlis.

Dia mengapresiasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, serta kepada seluruh peserta yang hadir.

Baca Juga :  Pemprov Sulteng diminta Edukasi Masyarakat Agar Tidak Menambang Emas Secara Ilegal

Kolaborasi semua pihak yang menjadi peserta dalam kegiatan ini akan memberikan gambaran yang Lebih jelas terkait peran bersama dalam memperkuat pemahaman dan penerapan pancasila di Kota Palu.

Melalui evaluasi yang mendalam, pihaknya berharap dapat terus meningkatkan angka indeks aktualisasi ini dan meneguhkan komitmen bersama dalam menjaga keutuhan NKRI.

Muchlis berharap hasil dari kegiatan ini mampu memberikan dampak positif bagi perumusan kebijakan di Kota Palu, serta membangun masyarakat yang lebih harmonis, adil, dan sejahtera.

“Selamat berdiskusi, semoga kegiatan ini berjalan lancar dan menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat bagi kita semua,”pungkasnya.

Baca Juga :  DPRD Palu Segera Bahas Ranperda LKPJ APBD 2022 ditingkat Pansus

Pembukaan diseminasi dihadiri Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP RI, Adianti. Sedangkan pesertanya seluruh camat dan lurah se Kota Palu, Kesbangpol kabupeten dan kota serta stakeholder terkait lainnya.(TIM).

 

Pos terkait