Dituduh Ditunggangi Petahana, Solidaritas Masyarakat Poso Cinta Pemilukada Damai dan Kondusif Merasa Difitnah

Koordinator Solidaritas Masyarakat Poso Cinta Pemilukada, Sugianto Kaimudin. (Foto : Istimewa)

POSO, CS – Solidaritas Masyarakat Poso Cinta Pemilukada Damai dan Kondusif memberikan hak jawab atas pemberitaan yang dirilis oleh media ini, pada tanggal 24 Oktober 2024 berjudul “Diduga Kuat Ada Calon Petahana Dibalik Aksi Forum Solidaritas Masyarakat Cinta Damai dan Kondusif”.

Koordinator Solidaritas Masyarakat Poso Cinta Pemilukada, Sugianto Kaimudin, menyatakan bahwa judul dan isi berita tersebut merupakan tuduhan tanpa dasar yang menyesatkan dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Sugianto menegaskan bahwa gerakan mereka lahir secara spontan sebagai respon atas situasi politik di Kabupaten Poso yang tengah memanas, dan bukan karena intervensi atau dukungan dari calon petahana.

Baca Juga :  Kejari Poso Musnahkan 80 Gram Sabu dan Babuk lain Kriminal Perkara Juli-Desember

“Tuduhan Muhaimin Yunus Hadi yang menyebut adanya keterlibatan petahana dalam aksi kami adalah fitnah tanpa bukti,” ujar Sugianto.

Sugianto juga menyoroti mengenai legalitas gerakan mereka, yang dipertanyakan oleh Muhaimin Yunus Hadi.

Ia menjelaskan bahwa sebelum pelaksanaan aksi hearing, pihaknya telah menyampaikan pemberitahuan resmi kepada Ketua DPRD Poso melalui surat bernomor 05/B/SMP-CPDK/X/2024 tertanggal 22 Oktober 2024, yang kemudian ditanggapi oleh DPRD Poso dengan surat balasan nomor 005/443/SET-DPRD/2024 tertanggal 23 Oktober 2024.

Selain itu, Sugianto mengklarifikasi bahwa meski gerakan mereka bersifat spontanitas dan tidak terdaftar di Kesbangpol, hal ini sama halnya dengan organisasi yang dikelola oleh Muhaimin Yunus Hadi, yaitu Forum Pembela Masyarakat Cinta Damai, yang juga tidak terdaftar secara formal. **

Pos terkait