Beri Perlindungan Pekerja Migran, Pemkot Palu-BP2MI Teken Nota Kesepakatan

Kepala BP2MI, Benny Rhamdani (kairi) dan Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid (kiri) menunjukkan nota kesepakatan usai penandatangan di di Kantor BP2MI di Jakarta, Rabu 9 Juni 2021 (FOTO: IST)

PALU, CS – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu menjalin kerjasama dengan tentang perlindungan, penempatan tenaga kerja migran Indonesia di Kota Palu dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

Kerjasama ini ditandai dengan penandatangan nota kesepakatan antara Wali Kota Palu Hadianto Rasyid bersama Kepala BP2MI Benny Rhamdani, Rabu 9 Juni 2021 di Kantor BP2MI di Jakarta.

Bacaan Lainnya

Nota kesepakatan nomor 11/KA-MoU/VI/2021 tersebut berisi tentang kerja sama penempatan dan perlindungan pekerja migran Indonesia di wilayah Kota Palu.

Baca Juga :  HUT 44, Wali Kota Palu Ajak Masyarakat Melangkah Maju Bersama

Dalam nota kesepakatan itu, Pemkot Palu bersama BP2MI nantinya bersinergi dalam pemberantasan sindikasi pengiriman ilegal pekerja migran Indonesia sesuai kewenangan yang ada.

Kemudian penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi calon pekerja migran Indonesia di wilayah Kota Palu.

Pemkot Palu bersama BP2MI memfasilitasi pelaksanaan perlindungan calon pekerja migran Indonesia dan pekerja migran Indonesia.

Selanjutnya bersinergi dalam melaksanakan pelayanan penempatan dan perlindungan calon pekerja migran Indonesia dan pekerja migran Indonesia.

Kemudian menyosialisasikan peluang pekerja migran Indonesia di negera tujuan serta berkoordinasi terkait pelaksanaan tugas dan fungsi lainnya yang disepakati Pemkot Palu dan BP2MI sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga :  Warga Palu Barat Syukuran 1 Abad NU

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid berterimakasih dan mengapresiasi BP2MI yang terus melakukan upaya penguatan serta perlindungan kepada pekerja migran Indonesia.

Menurutnya, nota kesepakatan ini membuka peluang yang sangat besar bagi Pemerintah kota Palu dalam upaya penguatan ekonomi masyarakat.

“Apalagi kita ketahui bersama pasca Gempa bahkan kali ini Covid-19, tentunya masyarakat perlu penguatan ekonominya. Ini merupakan salah satu jalan yang sangat baik dalam penguatan ekonomi masyarakat kota Palu,” ungkapnya.

Turut mendampingi Wali kota Palu dalam kesempatan ini yaitu Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja, dan UMKM kota Palu, Setyo Susanto.(***)

Baca Juga :  Armin Sebar Nomor HP Untuk Jaring Aspirasi Warga

 

Pos terkait