Lantik Pengurus FKUB dan FPK, Ini Pesan Wali Kota Palu

Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid saat melantik pengurus FKUB dan FPK, di Millenium Waterpark Kota Palu, Jum’at 18 Juni 2021. (FOTO : Dok Humas Pemkot)

PALU, CS – Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid melantik pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se-Kota Palu dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Jum’at 18 Juni 2021.

Kegiatan tersebut dilaksanakan, di Millenium Waterpark Kota Palu, dirangkaikan dengan Dialog Kebangsaan bertemakan “Rajut Erat Nilai-nilai Pancasila”.

Bacaan Lainnya

Dikesempatan itu, Walikota mengatakan, kehadiran FPK sejak awal di Kota Palu dimaksudkan agar dapat meningkatkan kerukunan dan rasa persatuan sesama anak bangsa.

Baca Juga :  Pemkot Palu Rencanakan Kelurahan Tondo Jadi Kawasan Kota Baru

“Sehingga segala bibit disharmoni dan disintegrasi karena perbedaan suku, agama, ras, dan antar golongan masyarakat dapat terhindarkan, tanpa harus menghilangkan identitas asli masing-masing,” ucapnya.

Menurutnya, situasi kehidupan saat ini masih diwarnai dengan fenomena sosial politik yang dinamis, dalam banyak kasus reformasi diartikan sebagai kebebasan yang tidak terkendalikan.

Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid saat melantik pengurus FKUB dan FPK, di Millenium Waterpark Kota Palu, Jum’at 18 Juni 2021. (FOTO : Dok Humas Pemkot)

Walikota mencotohkan, beberapa kondisi rill yang sering dijumpai akhir-akhir ini, seperti isu perpecahan, demokratis, transparansi, transformasi iptek, masalah HAM dan lingkungan hidup.

“Isu global tersebut apabila tidak dikelola secara baik, bisa berkembang ke arah disintegrasi bangsa,” katanya.

Baca Juga :  Lagi, Satgas Pengawasan LPG 3 Kg Kota Palu “Sikat” Empat Pengecer Ilegal

Selaku Walikota, ia berharap kehadiran forum-forum seperti ini dapat berfungsi sebagai wadah informasi, komunikasi, konsultasi, dan kerjasama antar warga. Sehingga harapannya, dapat menumbuhkan, memantapkan, memelihara, dan mengembangkan pembauran kebangsaan ke arah yang lebih positif dan bermanfaat.

“Kami berharap peran aktif kedua forum ini dapat membantu Pemerintah Kota Palu untuk menjaring, menampung aspirasi, khususnya di bidang pembauran kebangsaan,” harapnya.

Kegiatan itu dihadiri oleh Deputi Bidang Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP RI, Ir. Prakoso, MM selaku pembicara. Juga turut mendampingi Walikota, yakni Sekretaris Daerah Kota Palu, H. Asri dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu, Abidin. **

Pos terkait