Buka Laga Perdana Liga 3 Rayon Sulteng, Ini Pesan Gubernur

Laga perdana Liga 3 Rayon Sulteng, mempertemukan Persipar Parigi dan Persipal Palu, di Stadion Gawalise Palu, Rabu 20 Oktober 2021.(FOTO : ciling)

SULTENG, CS – Laga perdana Liga 3 Rayon Sulawesi Tengah (Sulteng) resmi bergulir, mempertemukan Persipal Palu dan Persipar Parigi, di Stadion Gawalise, Kota Palu, Rabu 20 Oktober 2021. Dibuka Gubernur Sulteng, H. Rusdy Mastura.

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Cudy itu menyampaikan, agar kompetisi ini dapat dijadikan wadah untuk melahirkan bibit-bibit sepakbola Sulteng. Sehingga, dia berharap melalui event ini, Sulteng dapat kembali mencetak pemain seperti Witan Sulaeman, yang mengangkat nama daerah di kancah nasional lewat sepakbola.

Sebab kata Cudy, nantinya Output dari liga 3 tidak hanya akan disiapkan untuk masuk dalam ajang Liga 2, melainkan sebagai bentuk kesiapan Sulteng untuk masuk dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang di Aceh.

Baca Juga :  Kubur Ambisi Ganda China, Greysia/Apriani Pertahankan Tradisi Emas di Olimpiade

“Saya berpesan kepada seluruh pemain, dipertandingan pertama ini tetap menjaga sportifitas, karena bagi saya menang kalah itu tidak penting, bermainlah dengan cantik, tunjukkan kemampuan terbaik kalian. Karena tujuan dari kompetisi ini untuk mencari bibit-bibit sepakbola Sulteng,” imbuhnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulteng, M Nizar Rahmatu, menegaskan, dalam PON 2024 mendatang tim sepakbola dari bumi Tadulako optimis dapat berbicara banyak pada kanca Nasional.

Ia menyebutkan setidaknya ada empat hal yang akan menunjang dari prestasi yang akan dihasilkan Sulteng pada event-event Olaharaga Nasional, yakni adalah dana, Sarana Prasarana, Sumber Daya Manusia (SDM), dan Penataan Organisasi.

Baca Juga :  Niat Harumkan Daerah di Level Nasional, SSB Garuda Kabonena Rela “Nyawer” di DPRD Palu

Ia pun menambahkan, agar Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional seperti tertuang dalam Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 3 Tahun 2019 secepatnya digalakkan.

“Perlu diketahui khalayak khususnya para pecinta sepakbola bahwa kami selaku KONI yang tugasnya melakukan pembinaan prestasi, mau tidak mau harus memprioritaskan Sepakbola sebagai olahraga unggulan. Karena ada Inpres yang menyebutkan tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. Kamipun dari KONI bersama Asprov sepakat akan hal itu,” Tegasnya.

Pada pertandingan pembuka sore itu, Persipal Palu sukses memetik kemenangan telak dari Persipar, dengan skor akhir 7-2. **

Pos terkait