Pemkot Palu Serahkan Sertifikat PTSL untuk Masyarakat

Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid saat menyerahkan sertifikat tanah kepada warga di Baruga Kantor Kelurahan Tondo, Kota Palu, Senin, 17 Januari 2022. (FOTO : dok Humas Pemkot Palu)

PALU, CS – Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid menyerahkan secara simbolis sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2020 dan 2021 bagi masyarakat penghuni Hunian tetap (Huntap) Tondo 1,  di Baruga Kantor Kelurahan Tondo, Kota Palu, Senin, 17 Januari 2022.

Dikesempatan itu, Walikota menyampaikan harapannya, agar sertifikat yang telah diserahkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat khususnya yang ada di Huntap Tondo 1.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Pimpin Upacara HUT Kota Palu ke-43, Ini Imbauan Gubernur Sulteng

“Seyogyanya penyerahan sertifikat ini bisa dilakukan lebih cepat, tapi Pemerintah memastikan dulu semua masyarakat telah menghuni hunian yang telah disiapkan,” katanya.

Menurutnya, Kelurahan Tondo nantinya akan menjadi kawasan pusat kota baru, dan Huntap Tondo 1 juga merupakan bagian di dalamnya.

“Kawasan ini akan menjadi pusat kota baru begitupun Huntap Tondo 1 merupakan bagian juga dari pusat kota baru. Olehnya Huntap yang diterima bisa dijaga dengan sebaik-baiknya,” imbuh Walikota.

Ia juga mengungkapkan, bahwa penyelesaian lahan untuk Huntap Tondo II sudah harus dilaporkan kepada Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin, paling lambat Februari 2022.

Baca Juga :  Pemkot Palu Launching Program Palu Berbagi

“Berharap pemerintah bisa menyelesaikan dan semoga harapan masyarakat yang mengklaim lahan bisa terakomodir dengan baik,” ungkapnya.

Selain itu, Walikota menyampaikan, lahan bekas Likuefaksi di Kelurahan Balaroa tidak boleh lagi dimanfaatkan sebagai hunian, sehingga nantinya pemerintah akan mengatur pemanfaatannya.

Kata Hadianto, jika nanti lahan tersebut dimanfaatkan sebagai fasilitas ekonomi, maka Pemerintah Kota Palu akan memprioritaskan fasilitas tersebut kepada masyarakat yang ada di Balaroa.

“Kita akan berusaha pemanfaatannya. Saya upayakan untuk bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang dulu pernah di sana. Sehingga jangan sampai kita merasa kehilangan. Begitupun dengan Petobo. Ada beberapa yang akan dibangun disitu termasuk wisata Likuefaksi yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat,” paparnya.

Baca Juga :  Prabowo Sebut  HMI Berperan Selesaikan Pertentangan Ideologi

Ia mengajak masyarakat untuk bekerjasama mendukung dan mensupport dengan baik apa yang menjadi program Pemerintah Kota Palu.

“Kalau ada support dan dukungan dari masyarakat, InsyaAllah kita akan lebih cepat,” tambahnya menutup. (MOH.YAMIN)

 

 

Pos terkait