Dibuka Gubernur Sulteng, Pra Popnas Zona V Tahun 2022 Resmi Dimulai

Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura, saat membuka Pra Popnas Zona V Tahun 2022, di GBK, Selasa 8 November 2022. (FOTO : Istimewa)

SULTENG, CS – Pra Pekan Olah Raga Pelajar Nasional ( Pra Popnas) Zona V Tahun 2022, resmi dibuka Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura, di Gelora Bumi Kaktus (GBK) , Selasa  8 November 2022.

Pra Popnas Zona V dihadiri Asdep Pembibitan dan Iptek Olah Raga Kementrian Pemuda dan Olahraga, dr. Bayu Rahadian, SPKJ, Unsur Forkopimda Provinsi Sulteng dan Para Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi yang tergabung pada Zona V Pelaksanaan Pra Popnas , Pelajar Nasional, Provinsi Gorontalo, Sulawesi utara, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulteng, Drs. Irfan Aryanto, menyampaikan penyelenggaraan Pra Popnas dilaksanakan di Kota Palu, Provinsi Sulteng berdasarkan Surat Kementrian Pemuda dan Olah Raga RI Nomor .RO .00.0,1/12.24.1/D.IV – 2 /XII / 2021 Tanggal 24 Desember 2021 tentang penunjukan tuan rumah penyelegaraan Pra Pekan Olah Raga Pelajar Nasinal Tahun 2022.

Baca Juga :  Akibat Embargo, Bulan ini Indonesia Kehilangan 10 Juta Dosis Vaksin Dari India

Selanjutnya, Kadis Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulteng menyampaikan, bahwa tujuan pelaksanaan Pra Popnas adalah sarana evaluasi terhadap pelaksanaan pembinaan olahraga pelajar di wilayah Zona V, selanjutnya sebagai babak kualifikasi 8 cabang olahraga untuk mengikuti Popnas XVI tahun 2023 dan sebagai ajang untuk memupuk , memelihara dan mempererat persatuan dan kesatuan provinsi yang berada di Zona V.

Dan adapun Tagline Pra Popnas Pelajar Nasional Zona V adalah ” Berprestasi Untuk Negeri” dan Maskot Pra Popnas adalah berasal dari satwa khas sulawesi spesies Burung Maleo dengan nama Maskot ” Mangge Leo “.

Irfan juga menyampaikan ada 8 Cabang Olahraga yang dipertandingkan dalam ajang Pra Popnas Pelajar Nasional Zona V adalah,  Sepak Bola Tim Putra , Bola Basket Putra dan Putri, Bola Volly Putra dan Putri, Sepak Takraw Putra, Bulu Tangkis Beregu Putra dan Putri, Tennis Beregu Putra dan Putri, Tinju , Pancak Silat.

Baca Juga :  Politisi PKS ini Sosialisasikan Perda Nomor 14 Tahun 2019 di Banggai

Dari 8 cabang olahraga, Pra Popnas diikuti 598 Atlet Pelajar, yang terdiri dari 84 Atlet Gorontalo, 33 Provinsi Maluku, 123 Atlet Maluku Utara, 75 Atlet Papua, 38 Atlet Papua Barat, 112 Atlet Sulut , dan 133 Atlet Sulteng.

Dikesempata itu, Bayu Rahadian , SPKJ, menyampaikan Apresiasinya kepada Gubernur Sulteng dan jajaran, yang menyiapkan pelaksanaan Pra Popnas Zona V dengan luar biasa dan sungguh-sungguh.

“Saya mengapresiasi GBK Sulawesi Tengah sebagai tanda keseriusan Pemda untuk mengembangkan olahraga di Sulawesi Tengah,” ucapnya.

Gubernur Sulteng menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Pra Popnas Pelajar Nasional Zona V  yang dipercayakan dilaksanakan di Sulteng. Gubernur juga menyampaikan semua Atlet harus bertanding dengan menjunjung Sportifitas dan terus berlatih untuk mengasah kemampuan untuk lebih baik.

Baca Juga :  Tenny : Intervensi Stunting Bukan Persoalan Pakai Kalung

Gubernur juga menyampaikan, Sulteng pada PON Papua sudah menorehkan prestasi yang membanggakan dengan meraih 12 medali, dan Pada PON selanjutnya  Sulteng ditargetkan akan memperoleh 10 medali emas.

“Saya mengharapkan agar seluruh Atlet wilayah timur Indonesia harus berprestasi dan mengukir prestasi di seluruh ajang pertandingan,” imbuhnya Rusdy Mastura.

Dipenghujung,  Gubernur juga menyampaikan bahwa Sulteng akan berjuang terus untuk mengikuti Bidding sebagai  penyelenggara PON kedepan. **

Pos terkait