Pacuan Sapi di Kelurahan Pengawu Dimulai

Suasana pacuan sapi, di Kinta Baru, Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu. Selasa 27 Desember 2022 sore. (FOTO : channelsulawesi.id)

PALU, CS – Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Palu, Andris menggelar Pacuan sapi atau disebut Posilumba Japi oleh warga setempat.

Pacuan sapi ini digelar, di Kinta Baru, Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu. Dibuka Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, Selasa 27 Desember 2022 sore.

Bacaan Lainnya

Dikesempatan itu, Andris menyampaikan bahwa kegiatan itu baru pertama kali digelar dan akan menjadi kegiatan tahunan. Karena menurutnya, pacuan sapi merupakan tradisi leluhur yang tidak boleh hilang dan harus terus dilestarikan.

Baca Juga :  Ke Bali, Reny Lamadjido Hadiri Temu Bisinis Tahap IV

“Hari ini kita mulai dan InsyaAllah akan terus kita laksanakan setiap tahunnya. Olehnya kami menyiapkan piala bergilir,” katanya.

Selain itu, Andris mengaku, kedepan pihaknya juga berencana akan kembali menghidupkan pacuan kuda dokar yang saat ini tergerus dengan perkembangan zaman.

“Kedepan pacuan kuda juga kita akan laksanakan, tapi pacuan kuda dokar yang saat ini mulai hilang,” akunya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu itu menyampaikan terimakasih kepada seluruh unsur terkait yang berperan dalam suksesi lomba itu, peserta dan masyarakat yang sangat antusias menyaksikan jalannya lomba.

Baca Juga :  Ketua PORDI Kota Palu Apresiasi dan Janji Support Atlet nya ke Event Nasional

“Kegiatan ini tidak lain bertujuan mempererat silaturahmi. Olehnya, saya meminta kepada kita semua untuk bersama-sama menjaga keamanan daerah kita,” pesan Andris.

Andris juga berterimakasih kepada pemerintah Kota Palu yang mendukung gelaran kegiatan. Melalui instansi terkait mendukung dalam rpses pembukaan arena pacuan.

Dikesempatan selanjutnya, Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, mengajak kepdaa seluruh masyarakat agar mengikuti  dengan baik, dan menjaga kemanan selama gelaran lomba.

“Kita usahakan kegiatan ini berjalan aman, tenang. Semoga kegiatan ini rutin kita laksanakan dan lebih baik lagi. Tadi juga disinggung pacuan kuda, menurut kami itu boleh juga kita laksanakan kedepan,” terang Hadianto.

Baca Juga :  Dari 24 Parpol yang Diverifikasi KPU, Hanya PKB yang Lolos

Walikota mengapresiasi Andris yang telah memprakarsai kegiatan tersebut.

“Memang harus seperti ini anggota DPRD. Kalau ada yang mau jadi anggota DPRD harus ikuti Andris, setelah jadi anggota DPRD tidak lupa masyarakatnya,” ucap Walikota.

Ditemui di selah-selah kegiatan, Ketua Panitia, Ardiansyah mengatakan, kegiatan direncanakan akan digelar selama dua pekan kedepan. Dihari pertama, terdapat 12 peserta yang mendaftarkan diri, yang dibagi dalam pool A, B dan C. Peserta tersebut dari Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

“Hari ini masih 12 peserta, dan panitia masih terus membuka pendafataran,” tandasnya. **

Pos terkait