Pasca Bentrok PT GNI, SPN Morut Ajak Warga Tidak Mudah Terprovokasi

Suasana pembakaran aset PT GNI saat karyawan terlibat bentrok, Sabtu 14 Januari 2023 lalu. (FOTO : Istimewa)

MORUT, CS – Situasi PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) Morowali Utara (Morut) pasca bentrok 14 Januari 2023 lalu, kini telah kondusif. Perusahaan pengelola nickel ini pun sudah beraktivitas setelah sempat terhenti beberapa hari, karyawan lokal maupun asing pun sudah bekerjasama .

Bentrok karyawan itu menewaskan masing-masing satu Tenaga Kerja Asing (TKA) dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI),

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Junjung Panggilan Tugas, Babinsa Bantu Warga yang Terdampak Banjir di Morut

Ketua Serikat Pekerja Nasional (SPN) Morut, Amirullah, S.H yang didampingi Sekretarisnya, Ahmad Ali mengajak semua pihak agar situasi kondusif tersebut bisa terus bertahan.

Ia mengajak semua warga Morut untuk tidak mudah terpancing dan terprovokasi oleh isu-isu yang ingin mengadu domba. Demikian halnya  antara pekerja lokal dan asing.

“Situasi sekarang ini harus kita jaga bersama. Kita jangan terpancing atau terprovokasi dengan isu yang tidak jelas atau sengaja untuk mengacaukan situasi,” imbuh Amirullah, Kamis 26 Januari 2023.

Amirullah juga mengimbau kepada seluruh anggota SPN Morut untuk mengedepankan komunikasi setiap persoalan yang terjadi, baik dengan sesama karyawan maupun dengan pihak pemerintah.

Baca Juga :  709 Personil Gabungan TNI/Polri Diterjunkan di Lokasi PT GNI

Namun di sisi lain, ia juga mengharapkan  kepada perusahaan PT GNI agar setiap hak-hak karyawan dapat diperhatikan.

“Tidak hanya persoalan tingkat kesejahteraan karyawan, tetapi juga hak-hak lainnya yang tentunya tidak boleh diabaikan oleh pihak perusahaan,” tegasnya. **

Pos terkait