Kecamatan Toili Jaya Diresmikan

BANGGAI, CS – Bupati Banggai, H Amirudin, meresmikan pembentukan Kecamatan Toili Jaya, Senin 21 Agustus 2023. Pemekaran tersebut mendasari Peraturan Daerah nomor 1 tahun 2023 tentang pembentukan Kecamatan Toili Jaya.

Dengan diresmikan kecamatan baru yang beribu kota Desa Tolisu tersebut, maka cakupan wilayah Kabupaten Banggai kini menjadi 24 kecamatan dari sebelumnya 23 kecamatan.

Bacaan Lainnya

Informasi melalui Bagian Prokopim Setda Banggai, dalam sambutanya, Bupati H Amirudin mengatakan, pembentukan Kecamatan Toili Jaya merupakan sebuah upaya percepatan pemeratan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pendekatan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga :  AMPUH Sulteng Desak DPRD Banggai Sikapi Masalah Pemadaman Listrik

Kata orang nomor satu di Kabupaten Banggai, momentum peresmian kecamatan hari ini merupakan hasil dari sebuah perjalanan yang panjang. Dimana mekanisme pembentukan kecamatan saat ini tidak semudah seperti tahun- tahun sebelumnya.

Untuk pemekaran kecamatan, tahapan pembahasannya hanya dilakukan antara Pemerintah Daerah dan DPRD. Akan tetapi mekanisme pembentukan sebuah kecamatan hari ini, tetap melalui proses verifikasi administrasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi dan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dengan sangat ketat dan selektif.

“Mudah-mudahan ini menjadi pertanda yang baik. Karena hari Senin merupakan awal kita beraktivitas melakukan pelayanan kepada masyarakat. Keutamaan hari Senin juga diriwayatkan oleh Imam Muslim, sebagaimana hadist Rasulullah SAW “Tuftahu Abwabul Jannati Yaumil Isnaini Wa Yaumil Khamis” artinya “sesungguhnya pintu-pintu surga dibuka pada hari senin dan hari kamis,” ucap Bupati.

Baca Juga :  Pemkab Banggai dan UIN Datokarama Kerja Sama di Bidang Peningkatan Kualitas SDM

Bupati Amirudin menambahkan, goals (sasaran) kita belum berhenti sampai di pembentukan kecamatan saja. Akan tetapi akan ada yang lebih besar lagi untuk kita raih bersama kedepannya. Maka dari itu, semua elemen harus tetap kompak, bersatu, bergandengan tangan, bersinergi dan terus berkolaborasi.

“Secara pribadi, keluarga dan pemerintah daerah, saya mengucapkan selamat kepada camat dan seluruh pejabat kecamatan yang baru saja dilantik. Ini merupakan awal perjalanan tugas saudara-saudara di Kecamatan Toili Jaya,” tandasnya.

Bupati juga memberikan kata-kata motivasi. Disampaikannya, dalam pembentukan kecamatan ini, mereka yang diberikan tanggung jawab sebagai peletak sejarah awal dimulainya penyelengaraan pemerintahan Kecamatan Toili Jaya.

Baca Juga :  Komunitas Petani Sawah Dataran Toili Deklarasi Mendukung Gus Imin Presiden 2024

“Semoga saudara-saudara dapat memberikan dedikasi yang terbaik untuk melayani masyarakat di Kecamatan Toili Jaya,” imbuh Bupati.

Sedang untuk mengawali tugas pemerintah pada kecamatan baru tersebut, Bupati menunjuk I Made Brata yang sebelumnya Camat Toili. Sementara jabatan Camat Toili yang ditinggalkan I Made Brata, diisi mantan Camat Balantak, Kurnia Candra.

Adapun cakupan wilayahnya yakni, Desa Piondo, Bukit Jaya, Tolisu, Sindang Baru, Mekar Kencana, Margakencana,Mulyasari, Tirta Jaya, Saribhuana, dan Desa Tohitisari, dan beribukota di Desa Tolisu.

Pada momentum tersebut, Bupati tidak hanya meresmikan kecamatan baru, tapi menyempatkan diri secara langsung meresmikan Sirkuit Wahitama Raceway, di Desa Tolisu yang juga merupakan ibu kota Kecamatan Toili Jaya. (AMLIN)

Pos terkait