14.000 Lebih Calon Maba Ikuti UTBK SNBT, Untad Laksanakan Dua Gelombang

Suasana UTBK SNBT di Universitas Tadulako, Selasa 30 April 2024. (FOTO : channelsulawesi.id)

PALU, CS – Seluruh Perguruan Tinggi (PT) termasuk Universitas Tadulako (Untad), memulai  Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT), Selasa 30 April 2024 pagi.

Dikesempatan itu, Rektor Untad, Prof. Amar menyampaikan, kegiatan itu dilaksanakan secara nasional, dan Untad selaku penyelenggara juga memiliki tanggungjawab atas pelaksanaan kegiatan itu.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Wow, Untad Segera Miliki Pertashop

“Tahun ini kurang lebih 14 ribu yang mengikuti tes di Untad, yang dilaksanakan dengan dua tahapan. Tahap pertama mulai hari ini, kemudian besok libur dan dilanjutkan lagi tanggal 2 sampai 7 Mei. Selanjutnya tahap dua dilaksanakan tanggal 14 hingga 15 Mei untuk mengakomodir semua peserta,” terang Rektor.

Rektor berharap, dengan kondisi yang ada tidak mengalami kendala dalam penyelenggaraan. Pihaknya berupaya sebaik mungkin agar peserta dapat menyelesaikan tes dengan baik. Karena hasil ujian tergantung kemampuan dan kapasitas masing-masing peserta.

“Tentunya Untad sebagai penyelenggara, juga bertanggungjawab sepenuhnya pelaksanaan dalam kegiatan tes hari ini. Mudah-mudahan berlangsung dengan baik,” harapnya.

Baca Juga :  Sekkot Palu Sebut Atlet Paralayang Miranda Akan di Rujuk Ke RS Jakarta

Terkait dengan sistem penilaian skor UTBK SNBT tahun ini. Menurut rektor, masih sama dengan tahun sebelumnya. Masih menggunakan skorsing atau pasing grade yang telah ditentukan secara nasional. Sehingga Rektor kembali menegaskan, kelulusan calon-calon mahasiswa baru (Maba) sepenuhnya ditentukan oleh hasil yang mereka capai.

“Sehingga saya tadi sampaikan, bahwa jika ada yang mengaku membantu kelulusan itu sama sekali tidak benar. Rektor pun tidak ada kewenangan untuk membantu kelulusan, karena tergantung hasil ujian masing-masing peserta,” tegasnya.

Soal pemadaman listrik, Rektor mengaku, pihaknya sudah mengantisipasinya, dengan melakukan koordinasi dengan pihak PLN  untuk tidak melakukan pemadaman di wilayah Untad selama pelaksanaan kegiatan itu.

Baca Juga :  Dies Natalis FMIPA Untad ke 16, Lufsyi Mahmudin : Kami Target 2027 Prodi MIPA Berskala Internasional

“Sebenarnya kami juga sudah mengantisipasinya (pemadaman listrik-red), tapi mudah-mudahan tidak ada pemadaman, karena kami sudah meminta secara khusus pada PLN untuk tidak ada dulu pemadaman listrik di Untad,” tandasnya. **

Pos terkait