Potensi Sulteng Pastikan Budidaya Udang Menjadi Sektor Andalan Peningkatan Ekonomi

Gubernur Sulteng, H. Rusdy Matura memegang udang Vaname saat kunjungan kerja di tambak udang. (FOTO : channelsulawesi.id)

PALU, CS – Ditunjang kondisi geografis dan aneka potensi alam yang melimpah, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) memiliki peluang besar menjadi sentra udang nasional di masa mendatang.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulteng, Moh. Arif Latjuba mengemukakan, atas potensi yang ada Sulteng dapat memastikan bahwa budidaya udang akan terus menjadi sektor andalan yang menjadi tulang punggung ekonomi dan ketahanan pangan.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Belanja Daerah Sulteng Naik Rp335,7 M Lebih Dalam Rancangan KUPA PPAS 2021

“Saya mengajak semua pihak untuk bekerjasama dalam meningkatkan konerja budidaya udang Sulteng dengan menerapkan pendekatan berkelanjutan,” ucap Arif  Latjuba, yang mewakili Gubernur, Rusdy Mastura saat membuka Seminar Nasional Budidaya Udang efektif, efisien berkelanjutan dan berdaya saing global, yang digelar Shrimp Club Indonesia  (SCI) di Salah satu hotel di Kota Palu, Sabtu 18 Mei 2024.

Kata dia, budidaya udang yang efektif, efisien dan berkelanjutan, Sulteng dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi dan terciptanya lapangan kerja.

“Jika strategi ini berjalan baik, tentunya pendapatan masyarakat meningkat. Penguatan ketahanan pangan dan terjadi peningkatan nilai tambah ekspor udang di pasar global,” terangnya.

Baca Juga :  DPRD dan Pemprov Sulteng Setujui Bersama Ranperda Penyelenggaraan Kelautan Perikanan

“Seminar yang dilaksanakan SCI ini sangat penting dengan diangkatnya teknologi terbaru dan praktik-praktik terbaik, guna meningkan kinerja budidaya udang di negeri seribu megalit,” tambah Arif Latjuba menutup. **

Pos terkait