Peluncuran Tahapan Pilkada Sigi Berlangsung Meriah di Taman Taiganja

Suasana peluncuran tahapan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Tahun 2024, di Taman Taiganja, Desa Kalukubula, Kecamatan Sigi, Rabu 12 Juni 2024 malam. (FOTO : channelsulawesi.id)

SIGI, CS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melaksanakan seremonial peluncuran tahapan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Tahun 2024, di Taman Taiganja, Desa Kalukubula, Kecamatan Sigi, Rabu 12 Juni 2024 malam, yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Komisioner dan Sekretaris KPU setempat.

Kegiatan itu juga sekaligus dirangkaikan dengan launching Maskot dan Jingle Pilkada Sigi Tahun 2024.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Unggul Hitungan Cepat, Hadianto-Reny Deklarasi Menang Pilwalkot Palu

Peluncuran itu dihadiri Bupati Sigi, Moh. Irwan, Komisioner KPU Sulteng, Nisbah. Bawaslu setempat, Kapolres, Badan ad hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Sigi, dan tamu undangan lainnya. Diantaranya, perwakilan dari KPU sejumlah kabupaten di Sulteng.

Dikesempatan itu, Ketua KPU Sigi, Soleman SH, menyampaikan pada Pemilihan umum (Pemilu) sebelumnya, tingkat partisipasi pemilih Sigi  berada di angka 81 persen.

“Saya berterimakasih kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten Sigi,  mari kita bertepuk tangan atas keberhasilan kita,” Ucap Sulaeman disambut tepuk tangan para tamu undangan.

Meski begitu, dia berharap Pilkada yang akan datang  partisipasi pemilih lebih meningkat. Karena, salah satu tolak ukur kesuksesan Pemilu dilihat dari partisipasi pemilih yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca Juga :  Minta Perlindungan Hukum, DPC Demokrat Palu Datangi Kesbangpol, Polres dan KPU
Pemukulan Gong tanda dimulainya tahapan Pilkada, oleh Komisioner dan Sekretaris KPU Sigi, di Taman Taiganja, Rabu 12 Juni 2024. (Foto : channelsulawesi.id)

Dia juga berterimakasih kepada pemerintah yang bersama-sama KPU Sigi,  dan juga telah menyampaikan secara keseluruhan alokasi anggaran untuk Pilkada Kabupaten Sigi, yang pada tanggal 31 Mei lalu telah disampaikan 100 persen kepada KPU Kabupaten Sigi.

“Ini menjadi momentum awal untuk pelaksanaan tahapan kita,” katanya.

Dikesempatan itu juga, Sulaeman berpesan kepada KPPS, dalam Pemilihan bupati dan wakil bupati Tahun 2024, menjaga integritas, kesehatan, dan semangat.  Menjadikan monumen Taiganja sebagai tempat momentum penyelenggara untuk melaksanakan tahapan Pilkada dengan penuh tanggungjawab, sukses,  aman dan amanah.

Baca Juga :  Nilai Pemkot Tidak Komitmen, Pansus LKPj Walikota Tahun 2023 Minta Perpanjang Masa Kerja

Taiganja merupakan liontin emas berharga yang menunjukan status sosial keluarga Kaili. Taiganja menggambarkan rahim seorang wanita, yang oleh masyarakat setempat dipercaya sebagai awal kehidupan manusia.

Acara itu dimeriahkan dengan sejumlah pementasan seni, Band lokal, teater yang bertemakan sosialisasi Pemilu, dan kembang api.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal pemilihan gubernur wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota, telah ditetapkan pemungutan suara Pilkada serentak dilaksanakan pada 27 November. **

Pos terkait