Ini Penjelasan Hadianto Rasyid Soal Lahan Pengganti Bagi Warga Tondo

PALU,CS – Wali Kota Palu Hadianto Rasyid bersama Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, menerima kedatangan perwakilan masyarakat Kelurahan Tondo, Senin 1 Juli 2024 di ruang kerja wali kota. Kedatangan masyarakat Tondo ini untuk memastikan dan mempertanyakan perihal lahan pengganti seperti sebelumnya telah diberikan kepada masyarakat di Kelurahan Talise.

Dalam kesempatan wawancaranya, Hadianto menyampaikan sejumlah poin penting berkaitan dengan lahan tersebut. Menurutnya sebelumnya masyarakat Tondo inilah yang ikut melakukan demo sehingga pekerjaan Huntap Talise dan Tondo II tidak berjalan.

“Kemudian, setelah itu saya datangi pak menteri menyampaikan kondisi, win win solusi, yang bisa dijalani. Akhirnya pak menteri menyetujui untuk memberikan lahan eks-HGB kepada Pemerintah Kota Palu,” kata wali kota.

Baca Juga :  Ratusan Peserta Daftar Road Bike Palu Sport Event 2023

Wali kota menjelaskan, dalam lahan eks-HGB yang diberikan kepada Pemerintah Kota Palu itu, kemudian direncanakan sebagai lahan pengganti untuk masyarakat Tondo lewat proses Konsolidasi Tanah (KT).

Maka dikeluarkanlah SK 1.000, lanjut wali kota, yang di dalamnya terdapat nama-nama yang akan dimasukkan dalam proses KT. Proses KT ini adalah mekanisme yang dimiliki oleh badan pertanahan, untuk memastikan mereka yang akan menerima lahan pengganti adalah yang layak, sesuai, tidak ganda, memastikan hukum, dan sebagainya.

“Ketika sudah disetujui, kemudian kita masukkan dalam RTRW Pemerintah Kota Palu untuk bangun Kota Satelit di kawasan Tondo. Berdasarkan rencana kita untuk KT, maka kita masukkanlah dalam RDTR, yang Alhamdulillah di tahun 2022 akhir, Persub RDTR kita disetujui,” jelas wali kota.

Baca Juga :  Gubernur Sulteng Kukuhkan Pengurus IKA STM/SMKN 3 Palu

Dengan begitu, lanjut wali kota, rencana Tata Ruang Kota Palu berarti disetujui, termasuk KT didalamnya. Kini, pihaknya tinggal menunggu penyerahan dan wali kota inginkan ini betul-betul terpenuhi secara baik.

Wali kota juga mengatakan, masyarakat Kelurahan Tondo maupun masyarakat Kelurahan Talise, sudah memberikan dukungan kepada pemerintah untuk mengawal pembangunan Huntap Talise dan Tondo II.

Akhirnya, proses pembangunan kedua Huntap tampak terlihat berjalan baik dan lancar, sehingga tidak ada lagi aksi dalam bentuk demo yang dilakukan oleh masyarakat selama ini.

Olehnya, wali kota meminta kepada pemerintah pusat, agar sebelum penyerahan kunci Huntap, masalah itu sudah jelas.Karena tugas Pemerintah Kota Palu mengawal Huntap Tondo II dan Talise bersama masyarakat.

Baca Juga :  Reny Lamadjido Hadiri Reuni SMEA/SMK 2 Negeri Palu

“Jangan lagi mengambang, jangan lagi tidak jelas. Alhamdulillah pembangunan Huntap sudah berjalan, tinggal komitmen kita bersama. Karena tanah ini, tanah pemerintah pusat bukan tanah pemerintah kota,” kata wali kota.

“Maka tentunya kami meminta kepada pemerintah pusat agar supaya secepatnya jelas dalam urusan ini. Agar supaya bisa tenang, penyerahan kunci bisa berjalan dengan baik, tidak ada lagi masalah,”sambungya (**)

Pos terkait